Page 326 - Cakrawala Pendidikan
P. 326
Tamat
c. Memiliki masa konsentrasi dan atensi yang pendek, maka
penjelasan-penjelasan haruslah jelas dan singkat sekaligus
disertai contoh-contoh. Setiap bentuk kegiatan janganlah
terlalu lama (15 menit) kemudian diganti dengan bentuk
kegiatan yang lain. Hal ini perlu agar dapat mengikat perhatian
dan konsentrasi mereka.
d. Masih hidup dalam dunianya sendiri, (egocentris, fantasi).
Walaupun bersama-sama dengan kelompoknya, mereka tetap
h1dup dalam dunianya sendiri. maka olahraga yang s1fatnya
mdividual lebih dianjurkan.
e. Dramatis dan imajinatif, maka semua gerakan olahraga dapat
dikaitkan dengan ceritera, misalnya: menirukan pesawat
terbang, kalak melompat, kera memanjat. dan kuda lari.
f. Aktif, energik dan responsif terhadap irama, (walaupun belum
baik), maka akan menyenangkan bagi mereka apabila
hitungan-hitungan diberikan melalui lagu, drum, atau bunyi-
bunyian yang lain.
g. Selalu ingin tahu, maka pada saat memberikan olahraga
haruslah memanfaatkan hal tersebut, dengan memberikan
sebanyak mungkin gerakan dasar dan kemungkinan gerak
yang ada pada manusia, sehingga terbentuk koordinasi,
fleksibilitas. keseimbangan dan hal lainnya. Juga dalam
keingintahuannya tersebut, guru dapat mengenalkan berbagai
macam alat olahraga dengan segala macam sifatnya,
misalkan bola, tali, kuda-kuda, ayunan, atau egrang.
h. Berada dalam masa peka terhadap norma dan nilai dan masa
patuh-patuhnya, maka pada saat ini adalah masa yang paling
tepat untuk menanamkan nilai dan norma. misalkan tentang
baik buruk, benar salah, aturan main dan sportmanship.
i. lngin mendapatkan kesempatan untuk menentukan
gerakannya sendin, maka tugas-tugas yang s1fatnya problem
solving akan lebih menyenangkan, sehingga mereka dapat
mengaktualisasikan diri, menyatakan dan mengembangkan
diri sesuai dengan minat masing-masing.
316