Page 326 - Cakrawala Pendidikan
P. 326

Tamat


            c.   Memiliki  masa  konsentrasi  dan  atensi  yang  pendek,  maka
                penjelasan-penjelasan  haruslah  jelas  dan  singkat  sekaligus
                disertai  contoh-contoh.  Setiap  bentuk  kegiatan  janganlah
                terlalu  lama  (15  menit)  kemudian  diganti  dengan  bentuk
                kegiatan yang lain. Hal ini perlu agar dapat mengikat perhatian
                dan konsentrasi mereka.
            d.   Masih  hidup  dalam  dunianya  sendiri,  (egocentris,  fantasi).
                Walaupun bersama-sama dengan kelompoknya,  mereka tetap
                 h1dup  dalam  dunianya  sendiri.  maka  olahraga  yang  s1fatnya
                 mdividual lebih dianjurkan.
            e.   Dramatis dan  imajinatif,  maka  semua  gerakan  olahraga dapat
                 dikaitkan  dengan  ceritera,  misalnya:  menirukan  pesawat
                 terbang,  kalak melompat, kera memanjat. dan  kuda lari.

            f.   Aktif,  energik dan  responsif terhadap  irama,  (walaupun  belum
                 baik),  maka  akan  menyenangkan  bagi  mereka  apabila
                 hitungan-hitungan  diberikan  melalui  lagu,  drum,  atau  bunyi-
                 bunyian yang lain.
            g.   Selalu  ingin  tahu,  maka  pada  saat  memberikan  olahraga
                 haruslah  memanfaatkan  hal  tersebut,  dengan  memberikan
                 sebanyak  mungkin  gerakan  dasar  dan  kemungkinan  gerak
                 yang  ada  pada  manusia,  sehingga  terbentuk  koordinasi,
                 fleksibilitas.  keseimbangan  dan  hal  lainnya.  Juga  dalam
                 keingintahuannya tersebut,  guru  dapat mengenalkan berbagai
                 macam  alat  olahraga  dengan  segala  macam  sifatnya,
                 misalkan bola,  tali,  kuda-kuda, ayunan, atau egrang.
            h.   Berada dalam masa peka terhadap norma dan  nilai dan  masa
                 patuh-patuhnya,  maka pada saat ini  adalah masa yang  paling
                 tepat  untuk  menanamkan  nilai  dan  norma.  misalkan  tentang
                 baik buruk,  benar salah, aturan main dan sportmanship.

            i.   lngin   mendapatkan   kesempatan    untuk   menentukan
                 gerakannya  sendin,  maka  tugas-tugas  yang  s1fatnya  problem
                 solving  akan  lebih  menyenangkan,  sehingga  mereka  dapat
                 mengaktualisasikan  diri,  menyatakan  dan  mengembangkan
                 diri sesuai dengan minat masing-masing.





             316
   321   322   323   324   325   326   327   328   329   330   331