Page 330 - Cakrawala Pendidikan
P. 330

Tis1101.uati  Twnat

             pendidikan  jasmani  menjalankan  sistem  pengajaran  yang
            terpusat  dan  berorientasi  kepada  anak  (learner  centered
             teaching).
        3.   Bimbingan
             Semua  kegiatan  perlu  dibimbing/diarahkan  dan  dilaksanakan
             sedemikian  rupa,  sehingga  tujuan  pendidikan  jasmani  dapat
             dicapai.  Hasil  program  pengajaran  pendidikan  jasmani  tidak
             segera  dapat  dilihat.  Dalam  hal  ini  diperlukan  guru-guru
             dengan  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  memadai  serta
             mencintai  tugasnya  demi  keberhasilan  pengajaran  yang
             menjadi tanggung jawabnya.
             Dari  uraian  tersebut  dapat  diperoleh  pengertian  bahwa
             pendidikan jasmani di  sekolah  dasar adalah  kegiatan  jasmani
             yang  dipilih  dan  direncanakan  atas  dasar  pertimbangan  yang
             beronentasi  pada  anak.  Materi  pengajaran  seharusnya
             disajikan  oleh  guru  yang  profesional  dalam  tugasnya  dan
             melibatkan  aktivitas  jasmani  anak  sebagai  sarana  untuk
             mencapai tujuan  pendidikan.
        4.   Peran guru
             Kehadiran  guru  untuk  melakukan  tatap  muka  dengan  anak
             didik  terutama  pada  tingkat  sekolah  dasar  adalah  mutlak.
             Karena  proses  belajar  mengajar  dalam  bidang  studi
             pendidikan jasmani,  bersifat  unik,  kehadiran  guru  tidak  dapat
             digantikan sepenuhnya oleh  berbagai media pendidikan.
             Oleh  karena  itu  strategi  untuk  meningkatkan  kemampuan
             belajar mengajar pada tingkat Sekolah  Dasar harus diarahkan
             kepada  perencanaan  yang  menyangkut  interaksi  antara  guru
             dan  murid dalam situasi  mengajar dan belajar.  Perlu  diketahui
             bahwa  pendidikan  jasmani  mempunyai  resiko  yang  cukup
             tinggi,  terutama  pada  pelajaran  berenang  dan  senam;  oleh
             karenanya kehadiran seorang guru mutlak adanya.
        5.   Kemampuan gerak
             Pendidikan  jasmani,  terutama  yang  diselenggarakan  di
             sekolah  dasar,   merupakan  kegiatan  pengajaran  yang
             memungkinkan  anak  untuk  melakukan  aktivitas  yang




        320
   325   326   327   328   329   330   331   332   333   334   335