Page 335 - Cakrawala Pendidikan
P. 335

Pendidikan Jnsmani di Sekolah Dasar


      diperbandingkan  dari  tahun  ke  tahun  sehingga  penyimpangan
      pertumbuhan mereka dapat dideteksi lebih awal dan diperbaiki.

      Tes  lain  yang  perlu  dilakukan  adalah  untuk  mengetahui  struktur
      tubuh  anak.  Tes  ini  berguna  untuk melihat  penyimpangan  struktur
      tubuh  anak,  misalkan,  khypose,  lordose atau scolyose.  Hasil tes ini
      berguna untuk merencanakan program kegiatan  atau  latihan  untuk
      koreksi penyimpangan yang ada berdasarkan teori yang ada.
      Untuk anak kelas 4,  5 dan 6.  dapat dilakukan tes untuk gerak dasar
      atletik,  senam  dan  beberapa  permainan  sesuai  dengan  tingkat
      kekuatan  mereka,  sedang  untuk  tes  sikap.  dapat  dilakukan  oleh
      guru melalui pengamatan pada setiap kegiatan pendidikan jasmani,
      yang antara lain mencakup aspek-aspek keikutsertaan anak dalam
      kegiatan  pendidikan  jasmani,  kepatuhan  kepada  guru  maupun
      ternan  yang  ditunjuk  sebagai  wasit,  kegembiraan  mereka  dalam
      mengikuti  pengajaran  pendidikan  jasmani,  kepatuhan  kepada
      peraturan  yang  dibuat  oleh  guru  dalam  setiap  permainan,  dan
      perkembangan  sikap  serta  kepribadian  dalam  penghayatan  dan
      pengamalan  peraturan  dan  jiwa  kesatria  (kejujuran,  keadilan,
      disiplin,  perhatian  kepada  orang  lain  dan  simpati  pada  yang
      lemah/menolong  ternan,  kerjasama  dan  keberanian  mencoba  hal
      yang  baru).

      Penutup
      Agar seorang  guru  dapat melaksanakan  tugasnya dengan  baik,  ia
      harus  membekali diri dengan  pengetahuan  dan  keterampilan  yang
      relevan  dengan  bidang  studi  yang  diajarkan.  Di  samping  itu,
      seorang  guru  dituntut  untuk  mengembangkan  dan  meningkatkan
      diri  untuk  lebih  meningkatkan  kemampuan  dalam  melaksanakan
      tugasnya.

      Dalam  situasi  seperti  saat  ini,  tugas  guru  Pendidikan  Jasmani
      semakin  berat,  karena dalam masyarakat madani seseorang  harus
      tahu  kewajiban  dan  haknya,  dapat  berbuat  sesuai  dengan
      peraturan  yang  ada,  dapat  mengharga1  prestasi  dan  kelebihan
      orang lain,  serta tidak berprasangka buruk kepada orang lain.
      Hal  tersebut  dapat  ditanamkan  melalui  pertandingan  antar  kelas
      dan  antar  sekolah,  sebab  semua  pertandingan  mempunyai



                                                               325
   330   331   332   333   334   335   336   337   338   339   340