Page 335 - Cakrawala Pendidikan
P. 335
Pendidikan Jnsmani di Sekolah Dasar
diperbandingkan dari tahun ke tahun sehingga penyimpangan
pertumbuhan mereka dapat dideteksi lebih awal dan diperbaiki.
Tes lain yang perlu dilakukan adalah untuk mengetahui struktur
tubuh anak. Tes ini berguna untuk melihat penyimpangan struktur
tubuh anak, misalkan, khypose, lordose atau scolyose. Hasil tes ini
berguna untuk merencanakan program kegiatan atau latihan untuk
koreksi penyimpangan yang ada berdasarkan teori yang ada.
Untuk anak kelas 4, 5 dan 6. dapat dilakukan tes untuk gerak dasar
atletik, senam dan beberapa permainan sesuai dengan tingkat
kekuatan mereka, sedang untuk tes sikap. dapat dilakukan oleh
guru melalui pengamatan pada setiap kegiatan pendidikan jasmani,
yang antara lain mencakup aspek-aspek keikutsertaan anak dalam
kegiatan pendidikan jasmani, kepatuhan kepada guru maupun
ternan yang ditunjuk sebagai wasit, kegembiraan mereka dalam
mengikuti pengajaran pendidikan jasmani, kepatuhan kepada
peraturan yang dibuat oleh guru dalam setiap permainan, dan
perkembangan sikap serta kepribadian dalam penghayatan dan
pengamalan peraturan dan jiwa kesatria (kejujuran, keadilan,
disiplin, perhatian kepada orang lain dan simpati pada yang
lemah/menolong ternan, kerjasama dan keberanian mencoba hal
yang baru).
Penutup
Agar seorang guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, ia
harus membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang
relevan dengan bidang studi yang diajarkan. Di samping itu,
seorang guru dituntut untuk mengembangkan dan meningkatkan
diri untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan
tugasnya.
Dalam situasi seperti saat ini, tugas guru Pendidikan Jasmani
semakin berat, karena dalam masyarakat madani seseorang harus
tahu kewajiban dan haknya, dapat berbuat sesuai dengan
peraturan yang ada, dapat mengharga1 prestasi dan kelebihan
orang lain, serta tidak berprasangka buruk kepada orang lain.
Hal tersebut dapat ditanamkan melalui pertandingan antar kelas
dan antar sekolah, sebab semua pertandingan mempunyai
325