Page 336 - Cakrawala Pendidikan
P. 336

Tamat


          peraturan  sebagai  rambu-rambu.  Setiap  peserta  harus  mematuhi
          rambu-rambu   tersebut,   dan   bagi   yang   melanggar  akan
          mendapatkan hukuman.
          Apabila  kebiasaan  mematuhi  peraturan  ini  dibina  mulai  usia  dini,
          diharapkan pada saat seorang anak menjadi dewasa, akan dengan
          mudah  dan  rela  mematuhi  peraturan  yang  ada (disiplin) dan  dapat
          menerima  suatu  kekalahan  atau  kemenangan  secara  wajar  dan
          tenang.
          Untuk  dapat  mencapai  ke  4  (empat)  tujuan  pendidikan  jasmani
          tersebut,  dibutuhkan  guru  pendidikan  jasmani  dengan  profil
          sebagai berikut.

          a.   Sadar  tentang  tugas  dan  tanggung  jawabnya  dan  mampu
              membimbing  perkembangan  anak  d:diknya  sesuai  dengan
              tuntutan  dan  harapan  pemerintah  dan  masyarakat  serta
              tuntutan kurikulum Pendidikan Jasmani di sekolah.

          b.   Mampu  meletakkan  dasar  rasa  nasionalisme,  memupuk
              persatuan  dan  kesatuan  serta  peningkatan disiplin  pada  anak
              didiknya.

          c.   Mampu  meletakkan  dasar  yang  kuat  Uasmani  dan  rohani)
              dalam  penciptaan  tenaga  pembangunan  yang  mampu
              bersaing dalam era globalisasi.
          d.   Mampu membantu mempertahankan olahraga tradisional.
          e.   Mampu     mempengaruhi      perkembangan     pengertian
              (interpretive  dan  cognitive  tentang  pendidikan  jasmani),
              membina sikap positif (affective) terhadap pendidikan jasmani,
              memberikan  keterampilan  dalam  berolahraga  (neuromuscular
              atau  psychomotor)  dan  meningkatkan  fungsi  organ  tubuh
              anak didiknya.
          f.   Mampu  menanamkan  norma  tentang  baik  dan  buruk,
              kejujuran,  sportmanship,  persahabatan.  timbang  rasa,  saling
              menghormati,  saling  pengertian,  menghargai  prestasi  dan
              hasil kerja orang lain,  serta hidup sehat.

          g.   Mampu  menciptakan  sekolah  sebagai  sarana  pembibitan
              olahragawan yang handal.



          326
   331   332   333   334   335   336   337   338   339   340   341