Page 332 - Cakrawala Pendidikan
P. 332

Tisnowati Tarnat


           dengan  mengangkat tumit  karena  ada  harimau  yang  sedang  tidur,
           masuk  ke  Iorang  yang  sempit  atau  melompati  parit,  dan
           seterusnya.  Di  sini anak dibimbing dan diharapkan dapat berkhayal
           sesuai  situasi  di  hutan  melalui  suara  dan  turun  naiknya  nada
           seorang guru.
           Permainan  lain,  yang  dapat diajarkan  misalnya:  permainan  kucing
           dan  tikus,  menjala  ikan,  permaman  tiga  kebanyakan,  serta  burung
           elang dan anak ayam.


           Untuk Kelompok II:
           Kelompok ini hidup dalam perpindahan antara alam fantasi ke alam
           nyata,  sehingga guru seyogyanya melakukan hal-hal berikut.
           1.   Memberi  tuntunan  dalam  mempraktikkan  dan  membiasakan
                sikap  tubuh  dan  gerakan  tubuh  yang  baik  pada  waktu  berdiri,
                pada waktu berbaring,  pada waktu duduk,  pada waktu menulis
                dan  membaca,  pada  waktu  berjalan  dan  membawa  beban,  di
                samping  mempraktekkan  dan  membiasakan  hidup  sehat
                dalam kehidupan sehari-hari.
           2.   Memberi  tuntunan  dalam  menguasai  ketangkasan  atau
                keterampilan  gerak-gerak  dasar  seperti  jalan,  lan.  lempar,
                lompat dan menangkap.
           3.   Memben  tuntunan  dalam  mencapai  ketangkasan  atau
                keterampilan  yang  mengandung  gerak  seperti  kelincahan,
                kekuatan,   keseimbangan.   ketepatan.   kecepatan,   dan
                koordinasi.
           4    Memberi  tuntunan  dalam  mencapai  ketangkasan  atau
                keterampilan  bermain.  Permainan  tersebut  dapat  berupa:
                permaman  tanpa  alat,  permainan  dengan  alat dan  permainan
                anak-anak yang  bersifat regu  atau  kelompok.
           5.   Memberi  tuntunan  dalam  mencapai  ketangkasan  atau
                keterampilan  dasar-dasar  atletik  antara  lain  untuk:  lari:  start
                berdiri.  start jongkok,  lari  cepat 40  meter dan  50  meter,  serta
                lari  bersambung.  Keterampilan  dasar lompat termasuk lompat
                jauh  tanpa  awalan,  lompat  jauh  dan  lompat  tinggi  dengan
                awalan  dan  mengulang  bahan-bahan  pelajaran  yang  lalu,
                serta melanJutkan yang  baru.



           322
   327   328   329   330   331   332   333   334   335   336   337