Page 332 - Cakrawala Pendidikan
P. 332
Tisnowati Tarnat
dengan mengangkat tumit karena ada harimau yang sedang tidur,
masuk ke Iorang yang sempit atau melompati parit, dan
seterusnya. Di sini anak dibimbing dan diharapkan dapat berkhayal
sesuai situasi di hutan melalui suara dan turun naiknya nada
seorang guru.
Permainan lain, yang dapat diajarkan misalnya: permainan kucing
dan tikus, menjala ikan, permaman tiga kebanyakan, serta burung
elang dan anak ayam.
Untuk Kelompok II:
Kelompok ini hidup dalam perpindahan antara alam fantasi ke alam
nyata, sehingga guru seyogyanya melakukan hal-hal berikut.
1. Memberi tuntunan dalam mempraktikkan dan membiasakan
sikap tubuh dan gerakan tubuh yang baik pada waktu berdiri,
pada waktu berbaring, pada waktu duduk, pada waktu menulis
dan membaca, pada waktu berjalan dan membawa beban, di
samping mempraktekkan dan membiasakan hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memberi tuntunan dalam menguasai ketangkasan atau
keterampilan gerak-gerak dasar seperti jalan, lan. lempar,
lompat dan menangkap.
3. Memben tuntunan dalam mencapai ketangkasan atau
keterampilan yang mengandung gerak seperti kelincahan,
kekuatan, keseimbangan. ketepatan. kecepatan, dan
koordinasi.
4 Memberi tuntunan dalam mencapai ketangkasan atau
keterampilan bermain. Permainan tersebut dapat berupa:
permaman tanpa alat, permainan dengan alat dan permainan
anak-anak yang bersifat regu atau kelompok.
5. Memberi tuntunan dalam mencapai ketangkasan atau
keterampilan dasar-dasar atletik antara lain untuk: lari: start
berdiri. start jongkok, lari cepat 40 meter dan 50 meter, serta
lari bersambung. Keterampilan dasar lompat termasuk lompat
jauh tanpa awalan, lompat jauh dan lompat tinggi dengan
awalan dan mengulang bahan-bahan pelajaran yang lalu,
serta melanJutkan yang baru.
322