Page 329 - Cakrawala Pendidikan
P. 329
Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
orang dewasa, dan kerjasama meningkat terutama pada anak
putra.
Untuk ke!ompok ini keempat tujuan pendidikan jasmani dapat
diberikan.
Kegiatan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar harus dipandang sebagai
bagian penting dalam kuriku!um sekolah secara keseluruhan.
Program tersebut tidak boleh dianggap sebagai kegiatan tambahan
belaka yang dapat dengan mudah ditiadakan (dihapus) dari
keseluruhan program sekolah. Seperti telah diuraikan di muka,
pendidikan jasmani adalah suatu proses dan juga alat yang
memberikan sumbangan besar kepada tercapainya tujuan
pendidikan, yaitu: membantu anak belajar menggunakan tubuh
mereka secara efektif dan efisien serta membantu mereka belajar
tentang dunia mereka melalui gerak (Vannier & Galla hue, 1978).
Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, pendidikan jasmani
harus merupakan suatu program yang terencana dan meningkat
dengan memperhatikan dorongan, kebutuhan dan minat anak
(Dauer, &. Pangrazi, 1975). Program tersebut bercirikan hal-hal
sebagai berikut.
1. Adanya unsur gerak
Gerak merupakan inti dari pendidikan jasmani. Sehubungan
dengan itu, satu-satunya cara untuk menilai kualitas program
pendidikan jasmani adalah dengan mengevaluasi tingkat
pengalaman gerak yang dimiliki oleh anak-anak. Oleh karena
itu, pendidikan jasmani lebih banyak memberi kesempatan
kepada semua anak untuk ikut aktif, sehingga program
tersebut akan mampu memberikan pengalaman gerak seluas-
luasnya kepada anak.
2. Aktivitas yang disesuaikan
Aktivitas yang dipilih dan direncanakan harus didasarkan pada
kebutuhan dan minat anak serta disesuaikan dengan tingkat
pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dalam hal ini
319