Page 329 - Cakrawala Pendidikan
P. 329

Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar

              orang  dewasa, dan kerjasama meningkat terutama  pada anak
              putra.

         Untuk  ke!ompok  ini  keempat  tujuan  pendidikan  jasmani  dapat
         diberikan.


         Kegiatan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
         Pendidikan  jasmani  di  Sekolah  Dasar  harus  dipandang  sebagai
         bagian  penting  dalam  kuriku!um  sekolah  secara  keseluruhan.
         Program tersebut tidak boleh dianggap sebagai kegiatan tambahan
         belaka  yang  dapat  dengan  mudah  ditiadakan  (dihapus)  dari
         keseluruhan  program  sekolah.  Seperti  telah  diuraikan  di  muka,
         pendidikan  jasmani  adalah  suatu  proses  dan  juga  alat  yang
         memberikan  sumbangan  besar  kepada  tercapainya  tujuan
         pendidikan,  yaitu:  membantu  anak  belajar  menggunakan  tubuh
         mereka  secara  efektif dan  efisien  serta  membantu  mereka  belajar
         tentang dunia mereka melalui gerak (Vannier &  Galla hue,  1978).

         Untuk mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan,  pendidikan jasmani
         harus  merupakan  suatu  program  yang  terencana  dan  meningkat
         dengan  memperhatikan  dorongan,  kebutuhan  dan  minat  anak
         (Dauer,  &.  Pangrazi,  1975).  Program  tersebut  bercirikan  hal-hal
         sebagai berikut.
         1.   Adanya unsur gerak
             Gerak  merupakan  inti  dari  pendidikan  jasmani.  Sehubungan
             dengan  itu,  satu-satunya  cara  untuk  menilai  kualitas  program
             pendidikan  jasmani  adalah  dengan  mengevaluasi  tingkat
             pengalaman  gerak yang  dimiliki oleh  anak-anak.  Oleh  karena
             itu,  pendidikan  jasmani  lebih  banyak  memberi  kesempatan
             kepada  semua  anak  untuk  ikut  aktif,  sehingga  program
             tersebut akan  mampu  memberikan pengalaman gerak seluas-
             luasnya kepada anak.
         2.   Aktivitas yang disesuaikan
             Aktivitas yang dipilih dan direncanakan harus didasarkan pada
             kebutuhan  dan  minat  anak  serta  disesuaikan  dengan  tingkat
             pertumbuhan  dan  perkembangan  mereka.  Dalam  hal  ini




                                                                  319
   324   325   326   327   328   329   330   331   332   333   334