Page 325 - Cakrawala Pendidikan
P. 325

Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar


     4.   Meningkatkan  fungsi  organ  penunjang  untuk  memperoleh
         daya  tahan,  kekuatan  otot,  pembentukan  sikap  tubuh  yang
         baik,  berat  badan  yang  ideal,  dan  penyediaan  energi  yang
         cepat melalui sistem enzim. (Organic domain)

     Karakteristik Siswa Sekolah Dasar

     Siswa  Sekolah  Dasar  (SO)  rata-rata  berusia  6  sampai  12  tahun.
     Ditinjau  dari  sudut  pelaksanaan  pendidikan  jasmani  di  SO,  anak
     dapat dibagi menjadi 3 kelompok, sebagai berikut.

     1.  Kelompok I   terdiri  dari  anak  kelas   dan  2  yang  berumur
                     sekitar 6 s/d 8 tahun
     2.  Kelompok II  terdiri  dari  anak  kelas  3  dan  4  yang  berumur
                     sekitar 9 s/d  1 0 tahun
     3.  Kelompok Ill  terdiri  dari  anak  ke!as  5  dan  6  yang  berumur
                     sekitar 11  s/d 12 tahun

     Setiap  kelompok  anak  tersebut  mempunyai  karakteristik  yang
     berbeda, sehingga pelaksanaan kegiatan pendidikan jasmani harus
     berbeda pula.  Karakteristik kelompok anak tersebut adalah sebagai
     berikut.

     Ke/ompok  I  Siswa  yang  termasuk  dalam  kelompok  I,  berusia  6
     sampai  dengan  8  tahun,  kelompok  ini  masih  hidup  dalam  alam
     fantasi dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
     a.   Memiliki  pertumbuhan  otot  yang  cepat  sehingga  pendidikan
         jasmani  yang  diberikan  hendaknya  aktivitas  yang  dapat
         menggerakkan  sebagian  besar  otot-otot  tubuh,  kaki  dan
         tangan.  Fase  ini  juga  merupakan  peluang  terbaik  bagi
         perkembangan  fungsi  jantung  dan  paru-paru  (cardio-
         vascular).  Penggarapan  saat  ini  menentukan  kemampuan
         daya tahan seseorang di kemudian hari.
     b.   Belum   memiliki   dengan   baik   koordinasi,   kelenturan,
         keseimbangan,  waktu  reaksi,  perkiraan jarak dan  waktu  serta
         arah  gerak,  dan  rasa  irama;  karena  itu  harus  diberikan
         gerakan  dasar  yang  mendukung  terbentuknya  hal-hal
         terse  but




                                                              315
   320   321   322   323   324   325   326   327   328   329   330