Page 320 - Cakrawala Pendidikan
P. 320

18.  PENDIDIKAN JASMANI Dl SEKOLAH
              DASAR





         Dr. Tisnowati Tamat


         Pendahuluan
         Pendidikan  jasmani  telah  ada  dan  telah  dilakukan  oleh  bangsa-
         bangsa primitif pada masa yang telah silam.  Di zaman Romawi dan
         Yunani  kala  itu,  pendidikan  jasmani  mempunyai  kedudukan  yang
         penting  dalam  program  pendidikan  bagi  anak  laki-laki  dan
         perempuan.  Di  abad  modern  ini  pendidikan jasmani  telah  menjadi
         bagian  dari  program  pendidikan  secara  keseluruhan.  Hal  ini
         terwujud  dengan  masuknya  pendidikan  jasmani  dalam  kurikulum
         sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai dengan SMT A.
         Pendidikan  jasmani  sebagai  salah  satu  bagian  dari  mata  rantai
         dalam  keseluruhan  proses  pendidikan,  memainkan  peran  yang
         sangat  berarti  dalam  upaya  pembentukan  dan  pengembangan
         manusia  sebagai  mahluk  Tuhan,  sebagai  individu,  dan  sekaligus
         sebagai  mahluk  sosial.  Pendidikan  jasmani  di  sekolah  disajikan
         dalam  berbagai  bentuk  olahraga.  Penyajian  program  pendidikan
         jasmani   selalu   memperhatikan   fase   pertumbuhan   dan
         perkembangan  anak didik.  Hal  ini  merupakan  prinsip  dasar dalam
         pelaksanaan  pendidikan  jasmani  demi  tercapainya  tujuan
         pendidikan jasmani khususnya, dan pendidikan pada umumnya.

         Pada  dasarnya  pendidikan  jasmani  merupakan  kesempatan  yang
         diberikan  kepada  anak  didik  terutama  pada  tingkat  SD  untuk
         menyalurkan  dorongan  bergerak.  Di  samping itu,  program tersebut
         juga  merupakan  kesempatan  yang  baik  bagi  anak  didik  untuk
         mengembangkan  diri  baik  secara  fisik,  mental  maupun  sosiaL
         Keadaan  ini  hanya  dapat terjadi  dalam  situasi  anak  aktif bersama



         310
   315   316   317   318   319   320   321   322   323   324   325