Page 321 - Cakrawala Pendidikan
P. 321
Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
anak lain untuk melakukan kegiatan pendidikan jasmani di bawah
bimbingan seorang guru.
Selama anak-anak melakukan aktivitas jasmani (olahraga) guru
akan dapat mengamati sifat dan perilaku anak didiknya.
Sebagaimana dinyatakan oleh para ahli psikologi bahwa anak-anak
akan muncul dengan berbagai sifat asli mereka, pada saat mereka
sedang bermain (Vannier & Foster 1976).
Secara singkat dapat dinyatakan bahwa pengajaran pendidikan
jasmani yang terencana dan dilaksanakan dengan balk akan
memberikan sumbangan yang nyata bagi pertumbuhan dan
perkembangan anak sebagai satu kebulatan. Lebih lanjut
dinyatakan pula bahwa pendidikan jasmani adalah suatu proses
yang menjadikan lengkapnya proses pendidikan (Andrew, 1979).
Uraian tersebut menunjukkan bahwa pendidikan jasmani
merupakan bagian dari tuntutan bagi pertumbuhan jasmani dan
rohani anak. Maka seharusnya kegiatan tersebut tidak terbatas
pada jam pelajaran di sekolah saja karena sekolah hanya
menyediakan 2 jam pelajaran setiap minggu. Kegiatan tersebut
perlu dilakukan secara berkelanjutan sebagai bagian dari
kebutuhan hidup seseorang. Dengan demikian, pendidikan jasmani
juga merupakan usaha untuk menjadikan seseorang sebagai
individu dan warga negara yang sehat dan kuat jasmani dan rohani
serta terampil sebagai caJon tenaga kerja.
Dalam menghadapi era globalisasi, sumberdaya manusia
memegang peranan terbesar. Tenaga kerja yang profesional, yang
cerdas, sehat sosial, jasmani dan jiwa serta loyal dan cinta
terhadap tugas adalah modal utama dalam persaingan bebas
mendatang. Apabila kita tinjau kembali tujuan pendirian negara ini,
serta apa tujuan pembangunan di negeri ini, maka pendahulu kita
telah menetapkan bahwa: Pembangunan Nasional adalah
pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan
pembangunan seluruh rakyat Indonesia. Yang dimaksud dengan
manusia Indonesia seutuhnya adalah manusia yang mempunyai
ciri-ciri berikut
Pertama, manusia yang cerdas. Orang disebut cerdas apabila
dapat membedakan balk dan buruk, sehingga dapat menganalisis
311