Page 321 - Cakrawala Pendidikan
P. 321

Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar


     anak  lain  untuk  melakukan  kegiatan  pendidikan jasmani  di  bawah
     bimbingan seorang guru.
     Selama  anak-anak  melakukan  aktivitas  jasmani  (olahraga)  guru
     akan  dapat  mengamati  sifat  dan  perilaku  anak  didiknya.
     Sebagaimana dinyatakan oleh para ahli psikologi bahwa anak-anak
     akan muncul dengan berbagai sifat asli mereka,  pada saat mereka
     sedang  bermain (Vannier  & Foster 1976).
     Secara  singkat  dapat  dinyatakan  bahwa  pengajaran  pendidikan
     jasmani  yang  terencana  dan  dilaksanakan  dengan  balk  akan
     memberikan  sumbangan  yang  nyata  bagi  pertumbuhan  dan
     perkembangan  anak  sebagai  satu  kebulatan.  Lebih  lanjut
     dinyatakan  pula  bahwa  pendidikan  jasmani  adalah  suatu  proses
     yang menjadikan lengkapnya proses pendidikan (Andrew,  1979).

     Uraian   tersebut   menunjukkan   bahwa   pendidikan  jasmani
     merupakan  bagian  dari  tuntutan  bagi  pertumbuhan  jasmani  dan
     rohani  anak.  Maka  seharusnya  kegiatan  tersebut  tidak  terbatas
     pada  jam  pelajaran  di  sekolah  saja  karena  sekolah  hanya
     menyediakan  2  jam  pelajaran  setiap  minggu.  Kegiatan  tersebut
     perlu  dilakukan  secara  berkelanjutan  sebagai  bagian  dari
     kebutuhan hidup seseorang.  Dengan demikian, pendidikan jasmani
     juga  merupakan  usaha  untuk  menjadikan  seseorang  sebagai
     individu dan warga negara yang sehat dan kuat jasmani dan rohani
     serta terampil sebagai caJon  tenaga kerja.
     Dalam  menghadapi  era  globalisasi,   sumberdaya   manusia
     memegang  peranan  terbesar.  Tenaga kerja yang  profesional, yang
     cerdas,  sehat  sosial,  jasmani  dan  jiwa  serta  loyal  dan  cinta
     terhadap  tugas  adalah  modal  utama  dalam  persaingan  bebas
     mendatang. Apabila  kita  tinjau  kembali tujuan  pendirian  negara ini,
     serta  apa  tujuan  pembangunan  di  negeri  ini,  maka  pendahulu  kita
     telah  menetapkan  bahwa:  Pembangunan  Nasional  adalah
     pembangunan      manusia     Indonesia     seutuhnya     dan
     pembangunan  seluruh  rakyat  Indonesia.  Yang  dimaksud  dengan
     manusia  Indonesia  seutuhnya  adalah  manusia  yang  mempunyai
     ciri-ciri berikut
     Pertama,  manusia  yang  cerdas.  Orang  disebut  cerdas  apabila
     dapat membedakan  balk dan  buruk,  sehingga  dapat  menganalisis



                                                              311
   316   317   318   319   320   321   322   323   324   325   326