Page 319 - Cakrawala Pendidikan
P. 319

ini  sedang  mengalami  krisis.  Pendidikan  kita  selama  ini  agaknya
        belum  berhasil  mengembangkan  individu  warga  masyarakat  dan
        negara  yang  demokratik,  terkembangkan  potensi  diri  pribadinya
        secara  optimal,  dan  produktif.  Gejala  yang  menunjukkan  individu
        yang  anti-demokratik,  indolensi (indolence),  dan memiliki etos kerja
        anti-produktif  yang  merebak  di  masyarakat  kita  dapat  dikaitkan
        dengan kegagalan pendidikan.

        Bimbingan  dan  konseling  di  sekolah  diharapkan  dapat menunjang
        pelaksanaan  pendidikan  melalui  berbagai  jenis  layanan  dalam
        keempat  bidangnya.  Pelayanan  bimbingan  dan  konseling  secara
        langsung  dapat  ikut  serta  menegakkan  ketiga  dimensi  pendidikan
        untuk   mencapai   sasaran   dan   tujuan   pendidikan   dalam
        mengembangkan  individu  dan  masyarakat  yang  demokratik,
        inspiratif,  dan  produktif.  Kelima  kegiatan  pendukung  akan  lebih
        meningkatkan  kinerja  ketujuh  jenis  layanan  bimbingan  dan
        konseling.  Untuk mengoptimalkan pencapaian sasaran  pendidikan,
        guru  pembimbing  di  sekolah,  sebagai  pelaksana  pelayanan
        bimbingan  dan  konseling,  perlu  memiliki  pemahaman  dan
        kemampuan pelaksanaan yang  tinggi dalam BK Pola 17.

        Daftar Pustaka
        Orr,  D (1991). What is aducation for?  Context,  27, hal, 52-55.


























                                                                 309
   314   315   316   317   318   319   320   321   322   323   324