Page 319 - Cakrawala Pendidikan
P. 319
ini sedang mengalami krisis. Pendidikan kita selama ini agaknya
belum berhasil mengembangkan individu warga masyarakat dan
negara yang demokratik, terkembangkan potensi diri pribadinya
secara optimal, dan produktif. Gejala yang menunjukkan individu
yang anti-demokratik, indolensi (indolence), dan memiliki etos kerja
anti-produktif yang merebak di masyarakat kita dapat dikaitkan
dengan kegagalan pendidikan.
Bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan dapat menunjang
pelaksanaan pendidikan melalui berbagai jenis layanan dalam
keempat bidangnya. Pelayanan bimbingan dan konseling secara
langsung dapat ikut serta menegakkan ketiga dimensi pendidikan
untuk mencapai sasaran dan tujuan pendidikan dalam
mengembangkan individu dan masyarakat yang demokratik,
inspiratif, dan produktif. Kelima kegiatan pendukung akan lebih
meningkatkan kinerja ketujuh jenis layanan bimbingan dan
konseling. Untuk mengoptimalkan pencapaian sasaran pendidikan,
guru pembimbing di sekolah, sebagai pelaksana pelayanan
bimbingan dan konseling, perlu memiliki pemahaman dan
kemampuan pelaksanaan yang tinggi dalam BK Pola 17.
Daftar Pustaka
Orr, D (1991). What is aducation for? Context, 27, hal, 52-55.
309