Page 318 - Cakrawala Pendidikan
P. 318

merupakan  pemanfaatan dinamika kelompok untuk mengentaskan
          masalah-masalah  pribadi  masing-masing  anggota  kelompok.
          Proses,  isi,  dan  teknik-teknik  yang  dipakai  sejalan  dengan  apa
          yang  terlaksana  dalam  konseling  perorangan,  yaitu  penuh  dengan
          nuansa demokratik.

          Sel  3.20  memuat  layanan  konseling  kelompok  yang  mengacu
          kepada  dimensi  inspiratif.  Sejalan  dengan  konseling  individual,
          konseling  kelompok  memanfaatkan  dinamika  kelompok  untuk
          "membesarkan" individu sesuai dengan potensi-potensi pribadinya.
          Potensi  dan  permasalahan  pribadi  masing-masing  anggota
          kelompok  menjadi  titik  tolak  dan  fokus  pembahasan  dalam
          kelompok.

          Se/  3.21  memuat  layanan  konseling  kelompok  yang  mengacu
          kepada  dimensi  produktif.  Pribadi  yang  mampu  menampilkan  diri
          sesuai   dengan   potensinya   sendiri   serta   terbebas   dari
          permasalahan  pribadi  adalah  sebagai  hasil  dari  konseling
          kelompok.  Pribadi  yang  demikian  itu  diharapkan  akan  mampu
          menghasilkan  produk-produk  dalam  berbagai  bentuknya  yang
          mempunyai nilai tambah bagi diri sendiri dan lingkungannya.

          lsi  kedua  puluh  satu  sel  pada  Matriks  3 tersebut  memperlihatkan
          bahwa  pelaksanaan  layanan  bimbingan  dan  konseling  semuanya
          mendorong  terwujudnya  ketiga  dimensi  pendidikan.  Layanan
          bimbingan   dan    konseling   menegakkan    sasaran-sasaran
          pendidikan dengan isi yang benar-benar hidup di  dalam bingkainya
          yang berdimensi tiga itu.

          Penutup
          Sasaran  pendidikan  yang  meliputi  segenap  aspek  pendidikan
          dapat  dikaitkan  kepada  tiga  dimensi  pendidikan,  yaitu  dimensi
          demokratik, inspiratif, dan  produktif.  Ketiga  dimensi itu membingkai
          semua sasaran pendidikan.
          Ketiga  dimensi  pendidikan  tersebut  perlu  ditegakkan,  bukan
          semata-mata  demi  pendidikan  itu  sendiri,  melainkan  terutama
          sekali untuk membangkitkan  pendidikan di  Indonesia yang dewasa




          308
   313   314   315   316   317   318   319   320   321   322   323