Page 318 - Cakrawala Pendidikan
P. 318
merupakan pemanfaatan dinamika kelompok untuk mengentaskan
masalah-masalah pribadi masing-masing anggota kelompok.
Proses, isi, dan teknik-teknik yang dipakai sejalan dengan apa
yang terlaksana dalam konseling perorangan, yaitu penuh dengan
nuansa demokratik.
Sel 3.20 memuat layanan konseling kelompok yang mengacu
kepada dimensi inspiratif. Sejalan dengan konseling individual,
konseling kelompok memanfaatkan dinamika kelompok untuk
"membesarkan" individu sesuai dengan potensi-potensi pribadinya.
Potensi dan permasalahan pribadi masing-masing anggota
kelompok menjadi titik tolak dan fokus pembahasan dalam
kelompok.
Se/ 3.21 memuat layanan konseling kelompok yang mengacu
kepada dimensi produktif. Pribadi yang mampu menampilkan diri
sesuai dengan potensinya sendiri serta terbebas dari
permasalahan pribadi adalah sebagai hasil dari konseling
kelompok. Pribadi yang demikian itu diharapkan akan mampu
menghasilkan produk-produk dalam berbagai bentuknya yang
mempunyai nilai tambah bagi diri sendiri dan lingkungannya.
lsi kedua puluh satu sel pada Matriks 3 tersebut memperlihatkan
bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling semuanya
mendorong terwujudnya ketiga dimensi pendidikan. Layanan
bimbingan dan konseling menegakkan sasaran-sasaran
pendidikan dengan isi yang benar-benar hidup di dalam bingkainya
yang berdimensi tiga itu.
Penutup
Sasaran pendidikan yang meliputi segenap aspek pendidikan
dapat dikaitkan kepada tiga dimensi pendidikan, yaitu dimensi
demokratik, inspiratif, dan produktif. Ketiga dimensi itu membingkai
semua sasaran pendidikan.
Ketiga dimensi pendidikan tersebut perlu ditegakkan, bukan
semata-mata demi pendidikan itu sendiri, melainkan terutama
sekali untuk membangkitkan pendidikan di Indonesia yang dewasa
308