Page 315 - Cakrawala Pendidikan
P. 315

produktivitas tinggi.  Penyajian-penyajian tentang  bagaimana pabrik
        berproduksi,  kebun  dan  lahan-lahan  pertaman  berproduksi,  serta
        para  karyawan  dan  buruh  bekerja  keras  untuk  menghasilkan
        produk-produk  dalam  berbagai  bentuknya,  akan  membangkitkan
       wawasan,  sikap dan  perilaku produktif peserta didik.
        Sel  3. 7  memuat  layanan  penempatan/penyaluran  yang  mengacu
        kepada  dimensi  demokratik.  Penempatan  peserta  didik  pada
        kelompok-kelompok  yang  akan  menyelenggarakan  berbagai
        kegiatan  diskusi,  musyawarah,  dan  kerJa  sama  dalam  suasana
        demokratik,  merupakan  tugas  pokok  layanan  ini.  Catatan  yang
        perlu  diberikan  bahwa  arah  dan  cara  penempatan/  penyaluran  itu
       didasarkan  pada  kebebasan  kemauan  peserta  didik  yang  hendak
        ditempatkan atau disalurkan.
        Set  3. 8  memuat  layanan  penempatan/penyaluran  yang  mengacu
        kepada  dimensi  inspiratif.  Kondisi  pribadi  peserta  didik,  seperti
        kemampuan     dasar,   bakat,   minat   dan   kecenderungan-
        kecenderungan  khusus  memerlukan  penempatan  dan  penyaluran
       tersendiri  bagi  pengembangannya  secara  optimaL  Layanan  ini  di
        satu  segi  perlu  memperhatikan  kondisi  internal  peserta  didik  yang
        bersangkutan,  dan  di  segi  lain  memperhatikan  kondisi  eksternal di
       sekitarnya.  Perpaduan  antara  kondisi  internal  dan  eksternal  itu
       akan menghasilkan penempatan dan penyaluran yang tepat.
        Sel  3.9  memuat  layanan  penempatan/penyaluran  yang  mengacu
        kepada  dimensi  produktif  Bakat  dan  minat  dalam  kaitannya
       dengan  karir  peserta  didik  memerlukan  penempatan/penyaluran
       yang  tepat.  Di  samping  itu,  penempatan  berdasarkan  kondisi
        pribadi  tertentu  seperti  kondisi  fisik,  hubungan  sosial,  dan  kondisi
        mental  memungkinkan  peserta  didik  mampu  mengaktualisasikan
        diri   sehingga   produk-produk   yang   dihasilkannya   optimaL
        Penempatan  duduk  di  dalam  kelas,  penempatan  dalam  kegiatan
        kelompok,  dan  penempatan/penyaluran  kepada  jurusan  atau
        program  yang  tepat,  akan  menjamin  produktivitas  yang  tinggi  dari
        peserta didik.
        Sel  3.10  memuat  layanan  pembelajaran  yang  mengacu  kepada
        dimensi demokratik.  Hubungan  sosial  yang  terjadi  di  dalam proses
        pembelajaran  hendaklah  dilandasi  oleh  hubungan  demokratik,




                                                                 305
   310   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320