Page 315 - Cakrawala Pendidikan
P. 315
produktivitas tinggi. Penyajian-penyajian tentang bagaimana pabrik
berproduksi, kebun dan lahan-lahan pertaman berproduksi, serta
para karyawan dan buruh bekerja keras untuk menghasilkan
produk-produk dalam berbagai bentuknya, akan membangkitkan
wawasan, sikap dan perilaku produktif peserta didik.
Sel 3. 7 memuat layanan penempatan/penyaluran yang mengacu
kepada dimensi demokratik. Penempatan peserta didik pada
kelompok-kelompok yang akan menyelenggarakan berbagai
kegiatan diskusi, musyawarah, dan kerJa sama dalam suasana
demokratik, merupakan tugas pokok layanan ini. Catatan yang
perlu diberikan bahwa arah dan cara penempatan/ penyaluran itu
didasarkan pada kebebasan kemauan peserta didik yang hendak
ditempatkan atau disalurkan.
Set 3. 8 memuat layanan penempatan/penyaluran yang mengacu
kepada dimensi inspiratif. Kondisi pribadi peserta didik, seperti
kemampuan dasar, bakat, minat dan kecenderungan-
kecenderungan khusus memerlukan penempatan dan penyaluran
tersendiri bagi pengembangannya secara optimaL Layanan ini di
satu segi perlu memperhatikan kondisi internal peserta didik yang
bersangkutan, dan di segi lain memperhatikan kondisi eksternal di
sekitarnya. Perpaduan antara kondisi internal dan eksternal itu
akan menghasilkan penempatan dan penyaluran yang tepat.
Sel 3.9 memuat layanan penempatan/penyaluran yang mengacu
kepada dimensi produktif Bakat dan minat dalam kaitannya
dengan karir peserta didik memerlukan penempatan/penyaluran
yang tepat. Di samping itu, penempatan berdasarkan kondisi
pribadi tertentu seperti kondisi fisik, hubungan sosial, dan kondisi
mental memungkinkan peserta didik mampu mengaktualisasikan
diri sehingga produk-produk yang dihasilkannya optimaL
Penempatan duduk di dalam kelas, penempatan dalam kegiatan
kelompok, dan penempatan/penyaluran kepada jurusan atau
program yang tepat, akan menjamin produktivitas yang tinggi dari
peserta didik.
Sel 3.10 memuat layanan pembelajaran yang mengacu kepada
dimensi demokratik. Hubungan sosial yang terjadi di dalam proses
pembelajaran hendaklah dilandasi oleh hubungan demokratik,
305