Page 312 - Cakrawala Pendidikan
P. 312
akan nilai tambah ataupun kemajuan bagi diri sendiri maupun
lingkungan.
Se/ 2.10 memuat bidang bimbingan karir yang mengacu kepada
dimensi demokratik. Dalam hal ini, pengembangan karir pertama-
tama dikembalikan kepada kebebasan peserta didik untuk memilih
karir yang diinginkannya. Untuk ini dunia karir perlu dibuka seluas-
luasnya sehingga pilihan itu dapat terarah sesuai dengan kehendak
dan kondisi peserta didik. Pemaksaan atau keterkungkungan
peserta didik memasuki jenis sekolah, karir atau pekerjaan
tertentu, menyalahi isi sel ini.
Sel 2. 11 memuat bidang bimbingan karir yang mengacu kepada
dimensi inspiratif. Selain individu bebas memilih karir yang ingin
dikembangkan, pilihan tersebut hendaklah benar-benar sesuai
dengan kemampuan, bakat dan minat, serta kecenderungan
pribadinya. Untuk ini upaya pengungkapan diri sangat diperlukan
agar pilihan karir yang terbuka itu dapat disesuaikan dengan
kondisi/kecenderungan pribadi peserta didik secara tepat.
Se/ 2.12 memuat bidang bimbingan karir yang mengacu kepada
dimensi produktif. Dapat dipahami bahwa suatu karir tertentu
secara langsung mengarah kepada dihasilkannya produk-produk
berkenaan dengan karir yang dimaksudkan itu. Diharapkan,
produk-produk tersebut terwujud dengan kualitas dan kuantitas
optimal, bahkan sedapat-dapatnya produk-produk unggulan.
Menilik lsi setiap sel tersebut, tampaklah bahwa sasaran
pendidikan yang berada di dalam ketiga dimensi pendidikan terkait
sangat erat dengan terwujudnya bidang-bidang bimbingan. Hal itu
menunjukkan bahwa penyelenggaraan bimbingan dan konseling
dalam keempat bidangnya secara langsung menunjang
pencapaian sasaran dan tujuan pendidikan dalam ketiga
dimensinya.
Layanan Bimbingan dan Dimensi Pendidikan
Secara nyata, bimbingan dan konseling diselenggarakan melalui
tujuh jenis layanan. Apabila ketujuh layanan tersebut
diselenggarakan dengan balk, mereka akan menunjang
pencapaian sasaran dan tujuan pendidikan dalam ketiga
302