Page 312 - Cakrawala Pendidikan
P. 312

akan  nilai  tambah  ataupun  kemajuan  bagi  diri  sendiri  maupun
            lingkungan.
            Se/  2.10  memuat  bidang  bimbingan  karir  yang  mengacu  kepada
            dimensi  demokratik.  Dalam  hal  ini,  pengembangan  karir  pertama-
            tama dikembalikan kepada  kebebasan  peserta didik untuk memilih
            karir yang  diinginkannya.  Untuk  ini dunia  karir perlu  dibuka  seluas-
            luasnya sehingga pilihan itu dapat terarah sesuai dengan kehendak
            dan  kondisi  peserta  didik.  Pemaksaan  atau  keterkungkungan
            peserta  didik  memasuki  jenis  sekolah,  karir  atau  pekerjaan
            tertentu, menyalahi isi sel ini.

            Sel  2. 11  memuat  bidang  bimbingan  karir  yang  mengacu  kepada
            dimensi  inspiratif.  Selain  individu  bebas  memilih  karir  yang  ingin
            dikembangkan,  pilihan  tersebut  hendaklah  benar-benar  sesuai
            dengan  kemampuan,  bakat  dan  minat,  serta  kecenderungan
            pribadinya.  Untuk ini  upaya  pengungkapan  diri  sangat  diperlukan
            agar  pilihan  karir  yang  terbuka  itu  dapat  disesuaikan  dengan
            kondisi/kecenderungan pribadi peserta didik secara tepat.
            Se/  2.12  memuat  bidang  bimbingan  karir  yang  mengacu  kepada
            dimensi  produktif.  Dapat  dipahami  bahwa  suatu  karir  tertentu
            secara  langsung  mengarah  kepada  dihasilkannya  produk-produk
            berkenaan  dengan  karir  yang  dimaksudkan  itu.  Diharapkan,
            produk-produk  tersebut  terwujud  dengan  kualitas  dan  kuantitas
            optimal,  bahkan sedapat-dapatnya produk-produk unggulan.
            Menilik  lsi  setiap  sel  tersebut,  tampaklah  bahwa  sasaran
            pendidikan yang  berada di dalam ketiga  dimensi  pendidikan terkait
            sangat erat dengan  terwujudnya  bidang-bidang  bimbingan.  Hal  itu
            menunjukkan  bahwa  penyelenggaraan  bimbingan  dan  konseling
            dalam   keempat    bidangnya   secara   langsung   menunjang
            pencapaian  sasaran  dan  tujuan  pendidikan  dalam  ketiga
            dimensinya.

            Layanan Bimbingan dan Dimensi Pendidikan
            Secara  nyata,  bimbingan  dan  konseling  diselenggarakan  melalui
            tujuh   jenis   layanan.   Apabila   ketujuh   layanan   tersebut
            diselenggarakan   dengan   balk,   mereka   akan   menunjang
            pencapaian  sasaran  dan  tujuan  pendidikan  dalam  ketiga



            302
   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316   317