Page 310 - Cakrawala Pendidikan
P. 310
Set 2.3 memuat bidang bimbingan pribadi yang mengacu kepada
dimensi produktif. Pribadi produktif adalah yang secara sadar
menjadikan dirinya sebagai subyek yang setiap kali menghasilkan
sesuatu secara konkrit. Hasil ini dapat berupa berbagai hal yang
berguna bagi kebaikan diri dan lingkungannya. Pribadi yang
demikian itu selalu berusaha agar diri dan lingkungannya terus
maju, dan ia sendiri berusaha agar dirinya itu merupakan
komponen bagi kemajuan yang dimaksudkan itu.
Set 2.4 memuat bidang bimbingan sosial yang mengacu kepada
dimensi demokratik. Hal ini tidak terlepas dari kondisi pribadi yang
berciri demokratik sebagaimana ter!ukis pada sel 2.1. Di sini yang
menjadi penekanan ialah, bahwa hak-hak demokratiknya
dilaksanakan atas dasar peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bersama. Dengan demikian, aktualisasi pribadi yang demokratik
tidaklah acak, asal saya suka dan dia juga suka, saya tidak
mengganggu dan dia juga tidak terganggu, saya dan dia tidak
saling merugikan/dirugikan, dan sebagainya, melainkan konsisten
dengan berbagai peraturan yang ada, baik peraturan tertulis
maupun tidak tertulis, baik peraturan yang bertumpu pada agama,
adat, hukum, ilmu, ataupun kebiasaan sehari-hari. Bidang
bimbingan dalam dimensi ini mendorong peserta didik untuk selalu
mengembangkan kebersamaannya dengan orang lain, dan
mendorong kehidupan bersama itu sesuai dengan tujuan bersama
dan peraturan-peraturan yang dibuat serta dipatuhi bersama.
Set 2. 5 memuat bidang bimbingan so sial yang mengacu kepada
dimensi inspiratif. Dalam hal ini, potensi peserta didik yang
mengarah kepada berbagai bakat, minat dan kecenderungan
sosial dikembangkan. Di sinilah letak pentingnya pengembangan
kecerdasan emosiona/ yang memungkinkan seseorang bertindak
tidak semata-mata bertumpu pada pertimbangan rasio, melainkan
terlebih-lebih pada kondisi hubungan sosial. lndividu yang seperti
itu memiliki kemampuan sosialisasi yang tinggi dan empati yang
mendalam, serta sikap tepo se/iro yang menghangatkan.
Sel 2. 6 memuat bidang bimbingan sosial yang mengacu kepada
dimensi produktif. Dalam hal ini peserta didik didorong untuk setiap
kali dengan sadar memproduksi berbagai hal yang berguna bagi
pengembangan kehidupan sosial yang positif. Hal-hal seperti
300