Page 306 - Cakrawala Pendidikan
P. 306
pembentukan perilaku yang taat menjalankan ibadah sesuai
dengan agamanya masing-masing, toleran terhadap pemeluk
agama lain, dan bertindak sesuai dengan ajaran agama.
Keenam sasaran pendidikan itu saling terkait, saling
mempengaruhi, dan tidak dapat dipisahkan yang satu dari yang
lainnya; bahkan keenamnya hendaklah terpadukan. Hasil
pendidikan yang mengacu kepada sasaran-sasaran yang lebih
konkrit itu tidaklah dapat digambarkan melalui sekedar angka NEM.
Lebih jauh, sasaran-sasaran tersebut perlu dikaitkan dengan
dimensi-dimensi pendidikan. Dimensi-dimensi pendidikan itu
merupakan bingkai dari keseluruhan arah pendidikan. Upaya
pendidikan sewajarnyalah selalu berada di dalam bingkai tersebut.
Dimensi Pendidikan
Ada tiga dimensi pendidikan yang perlu diperhatikan, yaitu: ( 1)
dimensi demokratik, (2) dimensi inspiratif, dan (3) dimensi
produktif.
Dimensi demokratik dalam pendidikan mengisyaratkan bahwa baik
isi maupun penyelenggaraan pendidikan hendaklah dapat
memupuk wawasan dan sikap peserta didik untuk menghargai
orang lain sebagaimana ia menghargai dirinya sendiri. Di samping
itu, dimensi demokratik juga memupuk tumbuhnya sikap bebas
(yang bertanggung jawab) dalam berpikir, berpendapat, dan
bertindak. Sasaran-sasaran pendidikan tersebut hendaknya berada
dalam dimensi ini, sebab bila tidak akan lahir generasi yang
mementingkan diri sendiri, mau menang sendiri, dan individualistik;
atau sebaliknya, akan lahir generasi individu yang takut!patuh dan
pasrah kepada kekuasaan, serta monoloyalistik. Keadaan
demikian itu pada dasarnya mencerminkan wawasan, sikap dan
perilaku anti-demokratik.
Dimensi inspiratif maksudnya bahwa pendidikan hendaknya
memuat segenap hal yang dapat mengembangkan berbagai
potensi diri peserta didik. Pendidikan seharusnya memupuk
peserta didik untuk menjunjung tinggi nilai, moral, dan budi pekerti
luhur, membangun penilaian positif terhadap diri sendiri, memacu
296