Page 306 - Cakrawala Pendidikan
P. 306

pembentukan  perilaku  yang  taat  menjalankan  ibadah  sesuai
          dengan  agamanya  masing-masing,  toleran  terhadap  pemeluk
           agama lain, dan bertindak sesuai dengan ajaran agama.

           Keenam    sasaran   pendidikan   itu   saling   terkait,   saling
           mempengaruhi,  dan  tidak  dapat  dipisahkan  yang  satu  dari  yang
           lainnya;   bahkan   keenamnya  hendaklah  terpadukan.   Hasil
           pendidikan  yang  mengacu  kepada  sasaran-sasaran  yang  lebih
           konkrit itu tidaklah dapat digambarkan melalui sekedar angka NEM.
           Lebih  jauh,  sasaran-sasaran  tersebut  perlu  dikaitkan  dengan
           dimensi-dimensi  pendidikan.  Dimensi-dimensi  pendidikan  itu
           merupakan  bingkai  dari  keseluruhan  arah  pendidikan.  Upaya
           pendidikan sewajarnyalah selalu berada di dalam bingkai tersebut.


           Dimensi  Pendidikan
           Ada  tiga  dimensi  pendidikan  yang  perlu  diperhatikan,  yaitu:  ( 1)
           dimensi  demokratik,  (2)  dimensi  inspiratif,  dan  (3)  dimensi
           produktif.
           Dimensi demokratik dalam pendidikan  mengisyaratkan bahwa baik
           isi  maupun  penyelenggaraan  pendidikan  hendaklah  dapat
           memupuk  wawasan  dan  sikap  peserta  didik  untuk  menghargai
           orang  lain  sebagaimana  ia  menghargai  dirinya  sendiri.  Di  samping
           itu,  dimensi  demokratik  juga  memupuk  tumbuhnya  sikap  bebas
           (yang  bertanggung  jawab)  dalam  berpikir,  berpendapat,  dan
           bertindak. Sasaran-sasaran pendidikan tersebut hendaknya berada
           dalam  dimensi  ini,  sebab  bila  tidak  akan  lahir  generasi  yang
           mementingkan diri sendiri,  mau menang sendiri, dan individualistik;
           atau  sebaliknya,  akan  lahir generasi  individu  yang  takut!patuh  dan
           pasrah  kepada  kekuasaan,  serta  monoloyalistik.   Keadaan
           demikian  itu  pada  dasarnya  mencerminkan  wawasan,  sikap  dan
           perilaku anti-demokratik.
           Dimensi  inspiratif  maksudnya  bahwa  pendidikan  hendaknya
           memuat  segenap  hal  yang  dapat  mengembangkan  berbagai
           potensi  diri  peserta  didik.  Pendidikan  seharusnya  memupuk
           peserta didik untuk menjunjung  tinggi  nilai,  moral,  dan  budi  pekerti
           luhur,  membangun  penilaian  positif terhadap  diri  sendiri,  memacu




           296
   301   302   303   304   305   306   307   308   309   310   311