Page 309 - Cakrawala Pendidikan
P. 309
Matriks 2
Keterkaitan Bidang Bimbingan dengan Dimensi Pendidikan
Dimensi Pendidikan
Bidang Bimbingan
Demokratik lnspiratif Produktif
Bimbingan Pribadi 2.1 2.2 2.3
Bimbingan Sosial 2.4 2.5 2.6
Bimbingan Belajar 2.7 2.8 2.9
Bimbingan Karir 2.10 2.11 2.12
Set 2. 1 memuat bidang bimbingan pribadi yang mengacu kepada
dimensi demokratik. Upaya pendidikan yang termuat di dalam sel
ini antara lain mengembangkan wawasan. sikap, dan perilaku
demokratik. Sebagai pribadi mandiri, peserta didik menampilkan
kediriannya secara berani, jelas dan berbobot tanpa mengurangi
ataupun menghalangi hak orang lain untuk menampilkan diri
seperti itu juga. Pribadi yang demokratik menyadari sepenuhnya
hak-hak pribadinya yang terkait dengan kewajibannya
menghormati hak-hak orang lain sebagaimana ia memilikinya itu.
Pelanggaran terhadap hak-hak orang lain dirasakan sebagai
pelanggaran terhadap hak-haknya sendiri.
Sel 2.2 memuat bidang bimbingan pribadi yang mengacu kepada
dimensi inspiratif. Dalam hal ini, berbagai potensi peserta didik
dikembangkan seoptimal mungkin sehingga menjadi orang dewasa
yang mampu mengakutalisasikan diri secara penuh. Kedirian yang
terkembangkan di dalam dimensi demokratik hendaklah didasari
dan diisi dengan aktualisasi kecerdasan, bakat dan minat, serta
berbagai kecenderungan pribadi lainnya yang positif. Aktualisasi
pribadi ini akan muncul secara penuh, tidak terhambat oleh faktor
internal sebagai akibat lemahnya praktik pendidikan, ataupun oleh
faktor-faktor eksternal yang berasal dari lingkungan yang tidak
demokratis.
299