Page 314 - Cakrawala Pendidikan
P. 314
kelas, pengurus OSIS, pemilihan Lurah, musyawarah organisasi
pemuda, persidangan DPRD, dan sebagainya.
Sel 3.2 memuat layanan orientasi yang mengacu kepada dimensi
inspiratif. Layanan ini memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk memahami dan mengalami secara nyata bagaimana
potensi individu dapat diungkapkan dan dikembangkan mela!ui
berbagai cara dan instrumen. Kunjungan ke lembaga instrumentasi
dan lembaga pengembangan pribadi misalnya, dapat membantu
peserta didik untuk memperoleh pemahaman dan pengalaman
yang dimaksudkan.
Se/ 3.3 memuat layanan orientasi yang mengacu kepada dimensi
produktif. Kunjungan ke objek-objek produksi dapat
mengembangkan wawasan, sikap, dan perilaku produktif peserta
didik dalam arti seluas-luasnya. Pemahaman dan penga!aman
nyata dalam berbagai situasi produktif sangatlah penting bagi
peserta didik.
Se/ 3.4 memuat !ayanan informasi yang mengacu kepada dimensi
demokratik. Berbagai informasi tentang peri kehidupan demokratik
dapat diberikan me!alui berbagai media seperti ceramah, video,
film, dan sebagainya. lnformasi ini akan memperkuat wawasan dan
pengetahuan peserta didik tentang kehidupan berdemokrasi di
berbagai kalangan dan wilayah, termasuk di negara atau belahan
dunia lain.
Sel 3.5 memuat layanan informasi yang mengacu kepada dimensi
insipratif. Tentang pengungkapan dan pengembangan potensi
pribadi, berbagai informasi dapat disajikan kepada peserta didik.
lnformasi tentang apa, mengapa, dan bagaimana potensi pribadi
perlu diungkapkan merupakan informasi yang amat penting bagi
peserta didik. Demikian juga suasana-suasana pribadi seperti
sedih, senang, gembira, rindu, marah, bersemangat dan
sebagainya dapat menjadi bahan bagi peserta didik untuk
membantu mengembangkan diri peserta didik pada dimensi
inspiratifny a.
Sel 3.6 memuat layanan informasi yang mengacu kepada dimensi
produktif. Layanan ini dituntut untuk memberikan informasi yang
menggambarkan peristiwa dan kondisi yang memperlihatkan
304