Page 314 - Cakrawala Pendidikan
P. 314

kelas,  pengurus  OSIS,  pemilihan  Lurah,  musyawarah  organisasi
           pemuda,  persidangan DPRD, dan sebagainya.

           Sel  3.2  memuat  layanan  orientasi  yang  mengacu  kepada  dimensi
           inspiratif.  Layanan  ini  memberikan  kesempatan  kepada  peserta
           didik  untuk  memahami  dan  mengalami  secara  nyata  bagaimana
           potensi  individu  dapat  diungkapkan  dan  dikembangkan  mela!ui
           berbagai cara dan  instrumen.  Kunjungan ke  lembaga instrumentasi
           dan  lembaga  pengembangan  pribadi  misalnya,  dapat  membantu
           peserta  didik  untuk  memperoleh  pemahaman  dan  pengalaman
           yang dimaksudkan.
           Se/  3.3  memuat  layanan  orientasi  yang  mengacu  kepada  dimensi
           produktif.   Kunjungan   ke   objek-objek   produksi   dapat
           mengembangkan  wawasan,  sikap,  dan  perilaku  produktif peserta
           didik  dalam  arti  seluas-luasnya.  Pemahaman  dan  penga!aman
           nyata  dalam  berbagai  situasi  produktif  sangatlah  penting  bagi
           peserta didik.
           Se/  3.4  memuat !ayanan  informasi  yang  mengacu  kepada  dimensi
           demokratik.  Berbagai  informasi  tentang  peri  kehidupan  demokratik
           dapat  diberikan  me!alui  berbagai  media  seperti  ceramah,  video,
           film,  dan sebagainya.  lnformasi ini akan memperkuat wawasan dan
           pengetahuan  peserta  didik  tentang  kehidupan  berdemokrasi  di
           berbagai  kalangan  dan  wilayah,  termasuk di  negara  atau  belahan
           dunia lain.

           Sel 3.5 memuat layanan  informasi yang  mengacu  kepada  dimensi
           insipratif.  Tentang  pengungkapan  dan  pengembangan  potensi
           pribadi,  berbagai  informasi  dapat  disajikan  kepada  peserta  didik.
           lnformasi  tentang  apa,  mengapa,  dan  bagaimana  potensi  pribadi
           perlu  diungkapkan  merupakan  informasi  yang  amat  penting  bagi
           peserta  didik.  Demikian  juga  suasana-suasana  pribadi  seperti
           sedih,  senang,  gembira,  rindu,   marah,   bersemangat  dan
           sebagainya  dapat  menjadi  bahan  bagi  peserta  didik  untuk
           membantu  mengembangkan  diri  peserta  didik  pada  dimensi
           inspiratifny  a.
           Sel 3.6 memuat layanan  informasi yang  mengacu  kepada  dimensi
           produktif.  Layanan  ini  dituntut  untuk  memberikan  informasi  yang
           menggambarkan  peristiwa  dan  kondisi  yang  memperlihatkan



           304
   309   310   311   312   313   314   315   316   317   318   319