Page 317 - Cakrawala Pendidikan
P. 317

pribadi  peserta  didik dalam  suasana yang  demokratik mempribadi,
        dapat dimungkinkan peserta didik tumbuh  menjadi individu-individu
        yang   mampu    mengembangkan     potensi-potensi   pribadinya
        seoptimal  mungkin.  Kemampuan  seperti  itu  akan  menghasilkan
        produk-produk  yang   tinggi  menurut  ukuran   pribadi  yang
        bersangkutan.

        Se/  3.16  memuat  layanan  bimbingan  kelompok  yang  mengacu
        kepada  dimensi  demokratik.  Melalui  dinamika  kelompok  peserta
       didik  diajak  untuk  membicarakan  berbagai  topik  yang  ada  dalam
        kehidupan  di  sekeliling  mereka  melalui  proses  yang  demokratik.
        Mereka   diberi   kesempatan   yang   seluas-luasnya   untuk
        menampilkan diri di  hadapan orang  lain  di  satu  sisi,  dan  di sisi lain
        mereka  dituntut  untuk  menerima  penampilan  orang  lain  menurut
        cara-cara dan  suasana demokratik.  Keberhasilan  layanan  ini  akan
        mengacu  kepada  wawasan,  sikap  dan  perilaku  demokratik,  serta
       dihayatinya  berbagai  permasalahan  yang  terjadi  di  lingkungan
        kehidupan mereka.
        Se/  3.17  memuat  layanan  bimbingan  kelompok  yang  mengacu
        kepada  dimensi  inspiratif.  Suasana  demokratik  dalam  bimbingan
        kelompok    memungkinkan      setiap    anggota    kelompok
        mengembangkan  diri  sesuai  dengan  potensi  yang  ada,  mengarah
        kepada  perikehidupan  sebagaimana diharapkan  bersama.  Dengan
        layanan  ini  terbina  keberanian  berbicara,  semangat  untuk
        memperoleh berbagai hal dari orang lain,  serta kemungkinan  untuk
        mengembangkan aspek-aspek kognitif dan emosional positif.
        Se/  3. 18  memuat  layanan  bimbingan  kelompok  yang  mengacu
        kepada  dimensi  produktif.  Efektivitas layanan  bimbingan  kelompok
       terutama  tercermin  dalam  kemampuan  peserta  didik  untuk
        memproduksi  pikiran  dan  perilaku  yang  menyenangkan  orang  lain
        di  satu  sisi,  dan  di  sisi  lain  tumbuhnya  sikap  yang  mengarah
        kepada  komitmen  untuk  melakukan  hal-hal  yang  berguna
        berkenaan  dengan  materi  topik-topik  yang  dibahas.  Komitmen  ini
        lebih jauh akan tercermin pada  produk-produk yang dihasilkan oleh
        para anggota kelompok di luar kegiatan kelompok itu sendiri.

        Se/  3.19  memuat  layanan  konseling  kelompok  yang  mengacu
        kepada  dimensi  demokratik.   Layanan  konseling  kelompok


                                                                 307
   312   313   314   315   316   317   318   319   320   321   322