Page 316 - Cakrawala Pendidikan
P. 316
sehingga dengan demikian melalui proses pembelajaran pun
peserta didik dapat merasakan hubungan demokratik yang sehat.
Dalam kondisi yang seperti itu peserta didik menjadi senang dan
bersemangat mengikuti proses pembelajaran. Di samping itu,
wawasan, sikap, dan perilaku demokratik pun dapat berkembang.
Sel 3. 11 memuat layanan pembelajaran yang mengacu kepada
dimensi inspiratif. Proses pembelajaran yang demokratik
mempergunakan pendekatan individual, dalam arti memperhatikan
kondtsi setiap individu. Dengan kata lain, perbedaan individual
sangat diperhatikan dan dijadikan dasar dalam pengelolaan proses
pembelajaran. Dengan pendekatan seperti itu, peserta didik akan
diberi kesempatan untuk maju dengan menggunakan kekuatannya
sendin, yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Se/ 3. 12 memuat layanan pembelajaran yang mengacu kepada
dimensi produktif. Layanan pembelajaran mendorong peserta didik
untuk giat belajar, bekerja keras, mencoba, dan melakukan
berbagai kegiatan untuk tujuan menghasilkan sesuatu yang terbaik
dan berguna. Kebtasaan positif seperti 1tu apabila terus-menerus
dibina akan menjadi modal yang sangat menguntungkan bagi
pribadi-pribadi produktif.
Set 3.13 memuat layanan konseling perorangan yang mengacu
kepada dimensi demokratik. Layanan ini, dari satu sisi
mengarahkan pemecahan masalah berkenaan dengan hubungan
sosial peserta didik secara demokratis; dari segi lain, suasana
demokratik dicerminkan oleh hubungan antara peserta didik dan
konselor di dalam proses konseling itu sendiri. Dalam proses
konseling, teknik-tekntk yang digunakan pun dilandaskan pada
nuansa demokratik.
Sel 3. 14 memuat layanan konseling perorangan yang mengacu
kepada dimensi insipratif. Layanan ini mendasarkan bantuannya
pada berbagai hal yang secara pribadi dialami oleh peserta didik.
Kondisi pribadi berkenaan dengan kemampuan, bakat. minat. sikap
dan kecenderungan pribadi, serta masalah-masalah pribadi,
menjadi titik tolak dan pokok bahasan dalam konseling perorangan.
Sel 3. 15 memuat layanan konseling perorangan yang mengacu
kepada dimens1 produktlf. Dengan dibahasnya masalah-masalah
306