Page 316 - Cakrawala Pendidikan
P. 316

sehingga  dengan  demikian  melalui  proses  pembelajaran  pun
          peserta  didik  dapat  merasakan  hubungan  demokratik  yang  sehat.
          Dalam  kondisi  yang  seperti  itu  peserta  didik  menjadi  senang  dan
          bersemangat  mengikuti  proses  pembelajaran.  Di  samping  itu,
          wawasan, sikap, dan perilaku demokratik pun dapat berkembang.

          Sel  3. 11  memuat  layanan  pembelajaran  yang  mengacu  kepada
          dimensi   inspiratif.   Proses   pembelajaran   yang   demokratik
          mempergunakan pendekatan  individual,  dalam  arti  memperhatikan
          kondtsi  setiap  individu.  Dengan  kata  lain,  perbedaan  individual
          sangat diperhatikan dan  dijadikan dasar dalam pengelolaan proses
          pembelajaran.  Dengan  pendekatan  seperti  itu,  peserta  didik  akan
          diberi  kesempatan  untuk maju  dengan  menggunakan  kekuatannya
          sendin, yang  sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

          Se/  3. 12  memuat  layanan  pembelajaran  yang  mengacu  kepada
          dimensi produktif.  Layanan  pembelajaran  mendorong  peserta didik
          untuk  giat  belajar,  bekerja  keras,  mencoba,  dan  melakukan
          berbagai kegiatan untuk tujuan menghasilkan sesuatu yang  terbaik
          dan  berguna.  Kebtasaan  positif  seperti  1tu  apabila  terus-menerus
          dibina  akan  menjadi  modal  yang  sangat  menguntungkan  bagi
          pribadi-pribadi produktif.
          Set  3.13  memuat  layanan  konseling  perorangan  yang  mengacu
          kepada  dimensi  demokratik.   Layanan   ini,   dari  satu   sisi
          mengarahkan  pemecahan  masalah  berkenaan  dengan  hubungan
          sosial  peserta  didik  secara  demokratis;  dari  segi  lain,  suasana
          demokratik  dicerminkan  oleh  hubungan  antara  peserta  didik  dan
          konselor  di  dalam  proses  konseling  itu  sendiri.  Dalam  proses
          konseling,  teknik-tekntk  yang  digunakan  pun  dilandaskan  pada
          nuansa demokratik.

          Sel  3. 14  memuat  layanan  konseling  perorangan  yang  mengacu
          kepada  dimensi  insipratif.  Layanan  ini  mendasarkan  bantuannya
          pada  berbagai  hal  yang  secara  pribadi  dialami  oleh  peserta  didik.
          Kondisi pribadi berkenaan dengan kemampuan,  bakat. minat. sikap
          dan  kecenderungan  pribadi,  serta  masalah-masalah  pribadi,
          menjadi titik tolak dan pokok bahasan dalam konseling perorangan.
          Sel  3. 15  memuat  layanan  konseling  perorangan  yang  mengacu
          kepada  dimens1  produktlf.  Dengan  dibahasnya  masalah-masalah



          306
   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320   321