Page 311 - Cakrawala Pendidikan
P. 311
berusaha menyenangkan hati orang lain, membuat suasana
menjadi hangat dan gembira, membuat lelucon yang segar,
memberikan penghargaan (reinforcement), bersikap tangan
terbuka untuk setiap kali membantu orang lain, menyatakan secara
konkrit kasih sayang, memberikan perlindungan, dan lain
sebagainya, merupakan pengejawantahan isi sel ini. Peserta didik
didorong untuk mampu menghasilkan berbagai hal yang berguna
bagi kehidupan bersama.
Se/ 2. 7 memuat bidang bimbingan bela jar yang mengacu kepada
dimensi demokratik. Sel ini menunjukkan bahwa wawasan, sikap
dan tingkah laku demokratik tidaklah datang dengan sendirinya,
melainkan harus dipelajari. Untuk menjadi individu demokratik,
peserta didik perlu menerjunkan diri ke kancah yang
memungkinkan berkembangnya suasana demokratik. Dalam
suasana seperti itu peserta didik didorong untuk mengembangkan
wawasan demokratik, sikap demokratik, dan bertingkah laku
demokratik. Suasana seperti itu perlu diwujudkan melalui
pengembangan "materi pelajaran berdemokrasi" yang sengaja
dirancang untuk itu. Pelaksanaan "materi pelajaran" itu pun harus
demokratik.
Se/ 2. 8 memuat bidang bimbingan bela jar yang mengacu kepada
dimensi inspiratif. Berbagai potensi yang ada pada diri peserta
didik dikembangkan melalui proses belajar dalam arti yang seluas-
luasnya. Pengembangan berbagai potensi itu tidak boleh hanya
terbatas pada bahan-bahan yang bersifat hafalan belaka; bahan
hafalan yang memberatkan justru akan memandulkan potensi
pribadi itu sendiri.
Se/ 2.9 memuat bidang bimbingan belajar yang mengacu kepada
dimensi produktif. Untuk menjadi pribadi yang berwawasan,
bersikap, dan berperilaku produktif peserta didik haruslah belajar
berbagai hal. Produk-produk yang dihasilkan oleh seseorang dapat
dikembalikan untuk melihat sampai berapa jauh orang itu telah
belajar berkenaan dengan produk-produk yang dimaksudkan itu.
Apabila proses belajar yang dialami oleh peserta didik
bertentangan dengan prinsip-prinsip belajar, tidak mustahil akan
dihasilkan individu yang justru "anti produksi", yaitu orang yang
pemalas, tidak menghargai waktu, tidak berdisiplin, dan tidak peduli
301