Page 311 - Cakrawala Pendidikan
P. 311

berusaha  menyenangkan  hati  orang  lain,  membuat  suasana
      menjadi  hangat  dan  gembira,  membuat  lelucon  yang  segar,
      memberikan  penghargaan  (reinforcement),   bersikap  tangan
      terbuka untuk setiap kali membantu orang lain,  menyatakan secara
      konkrit  kasih  sayang,  memberikan  perlindungan,  dan  lain
      sebagainya,  merupakan  pengejawantahan  isi  sel  ini.  Peserta  didik
      didorong  untuk  mampu  menghasilkan  berbagai  hal  yang  berguna
      bagi kehidupan bersama.
      Se/  2. 7 memuat  bidang  bimbingan  bela jar yang  mengacu  kepada
      dimensi  demokratik.  Sel  ini  menunjukkan  bahwa  wawasan,  sikap
      dan  tingkah  laku  demokratik  tidaklah  datang  dengan  sendirinya,
      melainkan  harus  dipelajari.  Untuk  menjadi  individu  demokratik,
      peserta   didik   perlu   menerjunkan   diri   ke   kancah   yang
      memungkinkan  berkembangnya  suasana  demokratik.  Dalam
      suasana  seperti  itu  peserta  didik didorong  untuk mengembangkan
     wawasan  demokratik,  sikap  demokratik,  dan  bertingkah  laku
      demokratik.  Suasana  seperti  itu  perlu  diwujudkan  melalui
      pengembangan  "materi  pelajaran  berdemokrasi"  yang  sengaja
      dirancang  untuk  itu.  Pelaksanaan  "materi  pelajaran"  itu  pun  harus
      demokratik.
      Se/  2. 8 memuat  bidang  bimbingan  bela jar yang  mengacu  kepada
      dimensi  inspiratif.  Berbagai  potensi  yang  ada  pada  diri  peserta
      didik dikembangkan melalui proses  belajar dalam arti yang  seluas-
      luasnya.  Pengembangan  berbagai  potensi  itu  tidak  boleh  hanya
      terbatas  pada  bahan-bahan  yang  bersifat  hafalan  belaka;  bahan
      hafalan  yang  memberatkan  justru  akan  memandulkan  potensi
      pribadi itu sendiri.

      Se/  2.9  memuat  bidang  bimbingan  belajar yang  mengacu  kepada
      dimensi  produktif.  Untuk  menjadi  pribadi  yang  berwawasan,
      bersikap,  dan  berperilaku  produktif  peserta  didik  haruslah  belajar
      berbagai hal.  Produk-produk yang dihasilkan oleh seseorang dapat
      dikembalikan  untuk  melihat  sampai  berapa  jauh  orang  itu  telah
      belajar  berkenaan  dengan  produk-produk  yang  dimaksudkan  itu.
      Apabila  proses  belajar  yang  dialami  oleh   peserta  didik
      bertentangan  dengan  prinsip-prinsip  belajar,  tidak  mustahil  akan
      dihasilkan  individu  yang  justru  "anti  produksi",  yaitu  orang  yang
      pemalas, tidak menghargai waktu, tidak berdisiplin, dan tidak peduli



                                                               301
   306   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316