Page 308 - Cakrawala Pendidikan
P. 308

Bimbingan dan konseling
           Peranan  bimbingan  dan  konseling  (BK)  di  sekolah  terhadap
           pencapaian  sasaran  pendidikan  dalam  kaitannya  dengan  dimensi-
           dimensi pendidikan diyakini cukup nyata.  Untuk itu,  pengembangan
           pelayanan   bimbingan   dan   konseling   di   sekolah   telah
           dikembangkan dalam pola baru yang disebut "BK Pola  17".  Pola ini
           meliputi komponen-komponen sebagai berikut:

           •   empat  bidang  bimbingan,  yaitu  bidang  bimbingan  pribadi,
              bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karir;
           •   tujuh  jenis  layanan,  yaitu  layanan  orientasi,  informasi,
              penempatan/penyaluran,  pembelajaran,  konseling  perorangan,
              bimbingan kelompok,  dan konseling  kelompok;
           •   lima  kegiatan  pendukung,  yaitu  aplikasi  instrumentasi,
              himpunan  data,  konferensi  kasus,  kunjungan  rumah,  dan  alih
              tangan kasus; dan
           •   satu  keterpaduan  wawasan  bimbingan  dan  konseling,
              yaitu  pengertian,  tujuan,  fungsi,  prinsip,  landasan,  dan  asas-
              asas bimbingan dan konseling.
           Pelaksanaan  kegiatan bimbingan dan konseling  di  sekolah dengan
           polanya  yang  baru  itu  diharapkan  dapat  mengakselerasi
           pencapaian  sasaran  pendidikan  dalam  bingkai  dimensi-dimensi
           pendidikan  yang  dimaksudkan.  Dengan  kata  lain,  bimbingan  dan
           konseling  yang  efektif  dapat  menegakkan  dimensi-dimensi
           pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan secara tepat
           sasaran.

           Bidang bimbingan dan dimensi pendidikan

           Dengan  terselenggaranya  pelayanan  bimbingan  dan  konseling
           dalam  keempat  bidang,  dimensi-dimensi  pendidikan  akan  dapat
           terwujudkan.  Keterkaitan  antara  bidang-bidang  bimbingan  dengan
           dimensi  pendidikan  dapat  digambarkan  melalui  Matriks  2.  Kedua
           belas  sel  yang  terbentuk  pada  Matriks  2  memperlihatkan
           keterkaitan  atau  hubungan  antara  bidang  bimbingan  dan  dimensi
           pendidikan.




           298
   303   304   305   306   307   308   309   310   311   312   313