Page 308 - Cakrawala Pendidikan
P. 308
Bimbingan dan konseling
Peranan bimbingan dan konseling (BK) di sekolah terhadap
pencapaian sasaran pendidikan dalam kaitannya dengan dimensi-
dimensi pendidikan diyakini cukup nyata. Untuk itu, pengembangan
pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah telah
dikembangkan dalam pola baru yang disebut "BK Pola 17". Pola ini
meliputi komponen-komponen sebagai berikut:
• empat bidang bimbingan, yaitu bidang bimbingan pribadi,
bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karir;
• tujuh jenis layanan, yaitu layanan orientasi, informasi,
penempatan/penyaluran, pembelajaran, konseling perorangan,
bimbingan kelompok, dan konseling kelompok;
• lima kegiatan pendukung, yaitu aplikasi instrumentasi,
himpunan data, konferensi kasus, kunjungan rumah, dan alih
tangan kasus; dan
• satu keterpaduan wawasan bimbingan dan konseling,
yaitu pengertian, tujuan, fungsi, prinsip, landasan, dan asas-
asas bimbingan dan konseling.
Pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah dengan
polanya yang baru itu diharapkan dapat mengakselerasi
pencapaian sasaran pendidikan dalam bingkai dimensi-dimensi
pendidikan yang dimaksudkan. Dengan kata lain, bimbingan dan
konseling yang efektif dapat menegakkan dimensi-dimensi
pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan secara tepat
sasaran.
Bidang bimbingan dan dimensi pendidikan
Dengan terselenggaranya pelayanan bimbingan dan konseling
dalam keempat bidang, dimensi-dimensi pendidikan akan dapat
terwujudkan. Keterkaitan antara bidang-bidang bimbingan dengan
dimensi pendidikan dapat digambarkan melalui Matriks 2. Kedua
belas sel yang terbentuk pada Matriks 2 memperlihatkan
keterkaitan atau hubungan antara bidang bimbingan dan dimensi
pendidikan.
298