Page 303 - Cakrawala Pendidikan
P. 303
No. Jurusan Bahasa Jurusan IPA Jurusan IPS
1. PPKn 5,95 PPKn 6,75 PPKn 6,25
2. B. lnd 5,96 B. lnd 6,30 B. lnd 5,53
3. Sastra 6,73 Mat 4,84 Mat 3,31
4. Mat 3,60 B.lnggris 5,36 B.lnggris 3,83
5. B. lnggris 4,73 Fisika 4,48 Ekonomi 4,40
6. Sej/Bud 5,70 Biologi 4,90 T.Negara 5,05
7. B. Arab 6,72 Kimia 5,15 Sosiologi 5,56
Apa yang dapat kita mengerti dari contoh hasil NEM tersebut?
Khususnya berkenaan dengan keberhasilan pendidikan yang
diselenggarakan oleh SMU? Amat jauh kiranya hasil tersebut
apabila kita kaitkan dengan tujuan pendidikan nasional yang
dikemukakan pada pasal 4 Undang-undang No. 2/1989 yang
berbunyi: mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur,
memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan
rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung
jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Angka-angka hasil NEM tersebut paling jauh dapat kita artikan
dalam kaitannya dengan "memiliki pengetahuan" yang derajatnya
masih jauh dari memuaskan. Dapatkah kita menarik pengertian
bahwa siswa-siswa yang mendapat NEM rendah tersebut adalah
siswa-siswa yang memiliki tingkat kecerdasan rendah? Jawabnya
dapat dipastikan tidak, karena hasil NEM itu sama sekali belum
menunjukkan kemampuan dasar mereka secara menyeluruh. Hasil
NEM itu pun belum menggambarkan keseluruhan hasil
pengembangan pribadi melalui kegiatan pendidikan di SMU selama
tiga tahun penuh. Hasil pendidikan secara menyeluruh tidak dapat
293