Page 299 - Cakrawala Pendidikan
P. 299
Pendidikan Orang Dewasa
Proses Andragogi Dalam Pengembangan Program
Apabila prinsip andragogik itu diartikan sebagai proses
perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan, maka
proses tersebut akan sangat berbeda dengan perencanaan
kurikulum dan proses pengajaran yang berlaku secara tradisional
dalam pendidikan bagi anak-anak dan remaja. Di dalam program
secara keseluruhan dan kegiatan belajar perorangan, penerapan
proses andragogi mengikuti beberapa tahapan secara konsisten,
yaitu:
1. Membuat diagnose kebutuhan belajar,
2. Perumusan arah tujuan belajar,
3. Mengembangkan pola kegiatan belajar,
4. Menciptakan struktur organisasi untuk perencanaan
partisipatif,
5. Menciptakan atau terciptanya iklim belajar yang mengundang
untuk belajar bagi orang dewasa,
6. Pelaksanaan kegiatan, dan
7. Mendiagnosis kembali kebutuhan belajar (evaluasi).
Contoh:
Membuat diagnose kebutuhan belajar.
Kebutuhan belajar bagi orang dewasa harus dimulai dengan "apa
tugas mereka". Apabila sudah kita ketahui tugasnya, kita harus
dapat membuat diskripsi dan rincian tugas mereka. Dari diskripsi
dan rincian tugas mereka tersebut diterjemahkan kedalam
"kemampuan apa" saja yang harus mereka miliki. Dari sejumlah
kemampuan yang harus mereka miliki tersebut, dicari sejumlah
mata kuliah yang dapat memberi pengetahuan keterampilan dan
sikap yang diperlukan dalam melaksanakan tugasnya.
Sekarang masalahnya bagaimana kita mengetahui bahwa
andragogi lebih baik dari pada pedagogi tradisional. Jawaban yang
paling tepat adalah mencoba menerapkan andragogi dan
memberikan penilaian yang objektif.
289