Page 297 - Cakrawala Pendidikan
P. 297
Pendidikan Dew as a
pengetahuan yang dapat segera dimanfaatkan penerapannya.
Dengan demikian orientasi belajar bergeser dari orientasi
mata pelajaran ke arah orientasi hasil kegiatan.
Disamping ke empat unsur di atas, ada delapan unsur lain yang
perlu mendapat perhatian, yaitu:
1. Pemanfaatan Hasil Belajar
Dalam pedagogik pemanfaatan hasil belajar mungkin berguna
di kemudian hari, mungkin pula tidak berguna, karena
kurikulum ditentukan sepihak oleh guru-guru maupun
pengelola. Sedang pada andragogik peserta didik berharap
hasil belajar segera dapat dimanfaatkan dalam situasi
sesungguhnya, karena relevan dan mendukung tugasnya.
2. Motivasi Belajar
Dalam pedagogik motivasi timbul karena penghargaan dari
luar dirinya atau adanya hukuman apabila dia tidak
melaksanakan.
Pada andragogi motivasi timbul dari diri peserta didik itu
sendiri, atau rasa ingin tahu dan harapan akan adanya suatu
peningkatan dalam hidupnya.
3. lklim dan Suasana Belajar
lklim dan suasana belajar berorientasi pada otoritas guru,
otoriter, guru selalu menilai, formal, tegang, dingin, kurang
saling mempercayai dan suasana persaingan sangat terasa.
Pada andragogi, guru dan peserta didik saling menghormati
dan saling mengisi. lklimnya demokrasi dan dinamis, saling
bekerjasama dalam suasana informal, suasananya santai,
hangat, saling mempercayai dan sa!ing membantu.
4. Diagnosa Kebutuhan Belajar dan Proses Perencanaan
Program
Pada pedagogik perencanaan program pembelajaran hanya
dikerjakan oleh guru, karena guru merasa paling tahu tentang
bahan pelajaran yang akan diberikan. Pada andragogik dibuat
suatu mekanisme supaya perencanaan program dapat dibuat
287