Page 292 - Cakrawala Pendidikan
P. 292
Tisnowati Tamat
5. Menambah kepercayaan diri.
Tujuan Pendidikan Orang Dewasa
R.A. Hodgkin (1975) menjelaskan tujuan pendidikan orang dewasa,
di antaranya sebagai berikut:
1. Menutup jurang perbedaan antara generasi tua dan generasi
muda, dengan cara mengurangi ketegangan yang sering
timbul antara orang tua dengan para pemuda, dan dapat
menjadikan rumah/tempat tinggal sebagai tempat mendidik
anak-anaknya untuk tumbuh dan berkembang.
2. Memberikan tambahan pendidikan bagaimana menjadi warga
negara yang baik dan memberikan pengetahuan tentang
teknologi baru kepada mereka yang telah memperoleh
pendidikan sekolah, tetapi dirasa masih sangat kurang. Hal ini
biasanya diberikan dalam bentuk program extensi universitas.
3. Memperbaiki kebiasaan yang kurang tepat, seperti
menginformasikan makanan yang tidak sehat dan teknik
pertanian yang tidak efektif dan efisien.
4. Memberantas buta huruf, karena mereka berkeyakinan bahwa
pemberantasan buta huruf mempunyai nilai sosial dan
psikologis yang tinggi.
5. Walaupun tujuan langsung seperti tersebut diatas, mungkin
hanya merupakan sebagian saja dari yang ingin di capai, dan
masih ada lagi nilai dan hakekat gerakan pendidikan orang
dewasa yang lebih luas, karena pendidikan orang dewasa
menyentuh kebutuhan semua lapisan masyarakat sesuai
dengan tuntutan pemerintahan maupun dunia usaha.
6. Mengadakan pembaharuan masyarakat sesuai tuntutan
modernisasi, karena pendidikan orang dewasa merupakan
bagian dari kegiatan pembangunan budaya, ekonomi dan
pemerintahan
7. Melengkapi diri seseorang agar dapat menyesuaikan diri dan
bertanggung jawab terhadap perubahan yang disebabkan
oleh kemajuan ilmu dan teknologi supaya tidak ketinggalan
282