Page 288 - Cakrawala Pendidikan
P. 288

Tisnowati Tamat


          kemudian,  laporan  dari  guru  sekolah  dasar  dan  sekolah  lanjutan
          serta  pengajar  di  perguruan  tinggi  menyebutkan,  bahwa  mereka
          telah  mencoba  menerapkan  konsep  andragogik,  dan  ternyata
          dalam situasi tertentu mereka memperoleh hasil yang baik.

          Sejak itu timbul asumsi baru  bahwa andragogik merupakan asumsi
          baru  tentang  orang  belajar  dan  dapat  digunakan  sebagai  model
          seperti  halnya  pedagogik.  Keduanya  pedagogik  dan  androgogik
          merupakan  alternatif  untuk  model  pembelajaran.  Model  ini  akan
          lebih  bermanfaat  apablla  tidak  dilihat  sebagai  sesuatu  yang
          terpisah atau  menjadi dua hal yang  berbeda,  melainkan jika  dilihat
          sebagai  dua  ujung  sebuah  spektrum,  dan  dengan  asumsi  pada
          kedua ujung spektrumnya.
          Misalkan,  masalah  ketergantungan  dan  pengarahan  diri  sendiri.
          Seorang  anak  berumur  6  tahun  sangat  kuat  dalam  pengarahan
          dirinya  dalam  mempelajari  peraturan  permainan,  tetapi  anak
          tersebut  akan  sangat  tergantung  pada  saat  mempelajari
          penggunaan  sebuah  kalkulator.  Di  lain  pihak  seseorang  yang
          berumur  40  tahun  mungkin  akan  sangat  tergantung  dalam
          mempelajari  program  komputer,  tetapi  sangat  besar  pengarahan
          dirinya dalam mempelajari bagaimana memperbaiki perabot rumah
          tangga.

          Dengan  demikian  dapat  diambil  suatu  kesimpulan  bahwa  pada
          saat asumsi  pedagogik lebih  cocok untuk hal  yang  akan  dipelajari
          maka  strategi  pedagogiklah  yang  diterapkan  tanpa  memandang
          usia  orang  yang  sedang  belajar,  dan  demikian  pula  sebaliknya.
          Dengan  demikian,  tidak  perlu  seorang  pedagog  selalu  setia  pada
          model  pedagogik  dan  tetap  beranggapan  bahwa  seorang  yang
          sedang  belajar sangat tergantung pada guru walaupun  sebenarnya
          orang tersebut sudah mampu mengarahkan dirinya sendiri.

          Pengertian, Misi, Tujuan, dan Ruang Lingkup Pendidikan
          Orang Dewasa
          Pembangunan  Nasional  bertujuan  untuk  mewujudkan  masyarakat
          adil  dan  makmur yang  merata  berdasarkan  Pancasila,  UUD  1945
          dalam  wadah  Negara  Kesatuan  Rl,  yang  merdeka,  berdaulat,
          bersatu,  berkedaulatan  rakyat  dalam  suasana  perilsehidupan




          278
   283   284   285   286   287   288   289   290   291   292   293