Page 290 - Cakrawala Pendidikan
P. 290
Tisnowati Tamat
dewasa di negara berkembang (Asia, Afrika dan Amerika Latin)
mempunyai tujuan dan isi berbeda-beda, ada yang beraspek
politis, ekonomis, sosial dan kultur. Demikian pula mengenai
permasalahannya, yang mempunyai berbagai macam dan corak.
Namun umumnya masalah pendidikan orang dewasa berkisar
pada topik, yang berhubungan dengan:
1. kurangnya pengertian rakyat (ignorance);
2. kemelaratan akibat taraf ekonomi rakyat yang rendah sekali;
dan
3. kesengsaraan akibat kesehatan rakyat yang buruk sekali.
Untuk itu, berbagai organisasi, baik ditingkat nasional maupun
internasional (Unesco, Unicef dan lain-lain) berusaha untuk
menghapuskan dan memecahkan berbagai masalah tersebut
melalui kegiatan pendidikan orang dewasa.
Pengertian dan Misi Pendidikan Orang Dewasa
Di luar negeri, kegiatan dibidang pendidikan orang dewasa ini
mempunyai berbagai macam istilah. Misalkan, Unesco
menggunakan istilah Fundamental education, yang juga
dipergunakan di Spanyol. Basic education dikenal di Perancis,
sedangkan India mempergunakan istilah Social education. Adult
education dipergunakan di U.S.A. dan Kanada, Mass education
dipergunakan di daerah bekas jajahan lnggris, Community
Education dipergunakan di Pilipina dan di Indonesia.
Volksuniversiteit dipergunakan di Belanda, sedangkan lnstitut
fur Erwaohsenen Bildung, di pergunakan di Jerman Barat.
Disamping itu, banyak lagi istilah yang dipergunakan di negara-
negara sosialis. Di Indonesia lebih dikenal dengan istilah
Pendidikan Masyarakat atau Community Education.
Pendidikan Orang Dewasa di Indonesia merupakan bagian integral
dari pendidikan nasional. Pendidikan masyarakat masuk dalam
Program Peningkatan Pendidikan Masyarakat dan Orang Dewasa
dan merupakan bagian penting dalam mendukung Program
Pembangunan. Pendidikan orang dewasa mempunyai m1s1
membantu pembangunan nasional di sektor ketenaga kerjaan. Era
globalisasi dan pasar bebas yang akan datang memberikan
tantangan yang berat bagi masyarakat Indonesia. Untuk menjawab
280