Page 295 - Cakrawala Pendidikan
P. 295

Pendidikan      Dew as a

       antara lain berupa ceramah,  tugas baca dan penyajian melaluf a/at
       pandang dengar.
       Pada  andragogik  ada  anggapan  bahwa  dalam  perkembangannya
       seseorang  membuat  semacam  a/at  penampungan  (reservoair)
       pengalaman-pengalaman yang kemudian akan merupakan sumber
       be/ajar  yang  sangat  bermanfaat  bagi diri  sendiri maupun  bagi
       orang lain.  Seseorang  akan  menangkap arti sesuatu dengan /ebih
       baik  apabila  dia  menga/ami  dari  pada  apabila   mereka
       mempero/eh  secara  pasif,  o/eh  karena  itu  teknik  penyampaian
       yang  utama  ada/ah:  eksperimen,   percobaan-percobaan  di
       laboratorium,  diskusi,  pemecahan  masalah,  latihan  simulasi,dan
       praktek /apangan.

       Kesiapan belajar
       Pada  pedagogik seseorang  harus  siap  mempe/ajari apapun  yang
       dikatakan o/eh  masyarakat,  dan hal ini menimbulkan tekanan yang
       cukup  besar bagi  mereka  karena  adanya  perasaan  takut  gaga/,
       anak-anak yang sebaya dianggap siap untuk mempelajari hal yang
       sama pula,  o/eh  karena  itu  kegiatan  be/ajar harus diorganisasikan
       dalam  suatu  kuriku/um  yang  bakulstandar,  dan  /angkah-langkah
       penyajian harus sama bagi semua anak.

       Pada  andragogik seorang  akan  siap  mempelajari sesuatu  apabi/a
       ia  merasakan  perlunya  melakukan  hal  tersebut,  karena  dengan
       mempelajari sesuatu  itu,  fa  dapat memecahkan  masalahnya  atau
       dapat  menyelesaikan  tugasnya  sehari-hari  dengan  baik.  Fungsi
       pendidik disini adalah menciptakan  kondisi,  menyiapkan  a/at serta
       prosedur  untuk  membantu  mereka  menemukan  apa  yang  perlu
       mereka ketahui.  Dengan demikian program be/ajar harus  disusun
       sesuai dengan kebutuhan kehidupan mereka yang sebenarnya dan
       urut-urutan  penyajiannya  harus  sesuai dengan  kesiapan  peserta
       didik.

       Orientasi belajar

       Pada pedagogik peserta didik menyadari bahwa pendidikan adalah
       suatu  proses  penyampaian  ilmu  pengetahuan,  dan  mereka
       memahami  bahwa  ilmu-ilmu  tersebut  baru  akan  bermanfaat  di



                                                                285
   290   291   292   293   294   295   296   297   298   299   300