Page 294 - Cakrawala Pendidikan
P. 294

Tisnowati Tarnat

         adat  yang  harus  diturunkan  dari  satu  generasi  kegenerasi
         berikutnya supaya tidak akan hilang.

         Asumsi Tentang Pedagogik dan Andragogi
         Seperti telah diuraikan sebelumnya,  kedua model pendidikan,  yaitu
         pendidikan   untuk  anak-anak  (pedagogi)  maupun  untuk  orang
         dewasa (androgogi) tidak perlu dipisahkan.  melainkan harus dilihat
         sebagai dua ujung spektrum.
         Untuk  memperjelas  uraian-uraian  terdahulu  di  bawah  ini
         digambarkan perbedaan antara kedua model tersebut.

         Konsep tentang  peserta didik (learner)
         Pada  pedagogik,  peserta  didik  digambarkan  sebagai  seseorang
         yang  bersifat  tergantung.  Masyarakat  mengharapkan  para  guru
         bertanggung  jawab  sepenuhnya   untuk  menentukan  apa  yang
         harus dipelajari,  kapan,  bagaimana cara  mempelajarinya dan apa
         hasil yang  diharapkan setelah selesai.

         Andragogik  beranggapan  ada/ah  suatu  hal  yang  wajar  apabila
         dalam  suatu proses  pendewasaan,  seseorang akan berubah  dari
         bersifat  tergantung  menuju  ke  arah   memiliki  kemampuan
         mengarahkan  diri  sendiri,  namun  setiap  individu  memiliki  irama
         yang  berbeda  dan juga  da/am  demensi kehidupan  yang berbeda
         pula.   Dan  para  guru  bertanggung  jawab  untuk  memacu  dan
         memelihara  kelangsungan  perubahan  tersebut.  Pada  umumnya
         orang dewasa secara psiko/ogis lebih memer/ukan pengarahan diri
         sendiri,  wa/aupun  dalam  keadaan  tertentu  mereka  bersifat
         tergantung.

         Fungsi pengalaman peserta didik

         Model  pedagogik  menganggap  penga/aman  yang  dimiliki  oleh
         peserta  didik  tidak  besar ni/ainya,  mungkin  hanya  berguna  untuk
         titik  awal.  Sedangkan pengalaman yang sangat besar manfaatnya
         adalah  penga/aman-pengalaman  yang  dipero/eh  dari  gurunya,
         para  penu/is, produsen a/at-a/at peraga atau  a/at-a/at  audio visual
         dan  penga/aman-penga/aman  para  ahli lainnya.  0/eh  karenanya,
         teknik utama  dalam  pendidikan  adalah  teknik penyampaian yang



         284
   289   290   291   292   293   294   295   296   297   298   299