Page 296 - Cakrawala Pendidikan
P. 296
Tisnowati Tamat
kemudian hari. 0/eh karena itu kurikulum harus disusun sesuainya
dengan unit-unit mata pelajaran dan mengikuti urutan-urutan logis
ilmu tersebut, misa/nya dari yang kuno ke yang modern atau dari
yang gampang ke yang sulit. Dengan demikian orientasi be/ajar
mengarah pada mata pelajaran (subject matter oriented). Artinya
jadwal disusun berdasarkan terselesaikannya sejumlah mata
pe/ajaran yang telah ditetapkan.
Pada andragogik orientasi be/ajar terpusat kepada kegiatan itu
sendiri atau pada penampilan yang diharapkan (performance
oriented). Dengan kata lain cara menyusun pe/ajaran berdasarkan
kemampuan-kemampuan apa atau penampilan yang bagaimana
yang diharapkan harus dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik
menyadari bahwa pendidikan merupakan suatu proses
peningkatan pengembangan kemampuan diri, untuk
mengembangkan potensi semaksimal mungkin untuk keperluan
da/am hidup. Mereka ingin dapat menerapkan i/mu dan
keterampilan yang diperolehnya hari ini untuk mencapai kehidupan
yang lebih baik atau /ebih efektif untuk hari esok. Berdasarkan hal
tersebut di atas be/ajar harus disusun kearah pengelompokkan
pengembangan kemampuan.
Sebagai rangkuman, dapat diutarakan bahwa dalam hal ciri-ciri
peserta didik, andragogik paling tidak memiliki 4 asumsi pokok
yang berbeda dengan pedagogik. Asumsi tersebut menyangkut
tentang kematangan individual peserta didik yaitu :
1. Konsep peserta didik sendiri yang bergeser dari pribadi yang
tergantung menjadi pribadi yang mampu mengarahkan diri
sendiri untuk kebutuhan belajarnya.
2. Peserta didik membangun reservoir untuk menampung
pengalamannya yang semakin kaya/banyak, dan pada saat
diperlukan akan merupakan sumber yang sangat bermanfaat
baginya untuk belajar.
3. Kesiapan peserta didik untuk mempelajari sesuatu,
berorientasi pada arah peningkatan atau pengembangan
kemampuan supaya dapat melaksanakan tugas dalam fungsi
sosialnya.
4. Perspektif waktu peserta didik berubah dari ilmu pengetahuan
yang berguna bagi masa yang akan datang menjadi
286