Page 293 - Cakrawala Pendidikan
P. 293
Pendidikan Dewasa
zaman dan merasa canggung di dalam hidup dan
kehidupannya.
Ruang Lingkup Pendidikan Orang Dewasa
Di waktu lampau, pendidikan orang dewasa pada umumnya
dianggap sebagai usaha untuk menutup kekurangan pendidikan
formal, atau untuk membantu mereka yang pada masa mudanya
tidak mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan di
sekolah. Sifatnya adalah sebagai usaha pengobatan atau
penyembuhan dari keadaan sakit. Tetapi saat ini trends tersebut
berubah kearah kelompok diskusi informal yang membahas
masalah pekerjaan, individu, keluarga, daerah, nasional dan
internasional. Diskusi kelompok ini semakin meluas kurikulumnya,
makin besar jumlah pesertanya dan tanpa mereka sadari
merupakan suatu bentuk kegiatan pendidikan informal bagi orang
dewasa (misalnya dalam bentuk seminar, simposium, semiloka
dan lain-lain).
Disamping itu adanya kesadaran dari berbagai kelompok
masyarakat dan berbagai lembaga sosial tentang perlunya
pembangunan masyarakat pedesaan, menyebabkan pendidikan
bagi para orang dewasa direncanakan guna mendukung
pembangunan desa. Pendidikan orang dewasa juga dilakukan
dalam rangka peningkatan kinerja karyawan dan buruh di
perusahaan atau industri. Demikian pula berbagai lembaga
kemasyarakatan dan organisasi pemerintah maupun swasta, yang
secara sadar maupun tidak telah menjalankan usaha pendidikan
bagi para karyawan dan anggotanya.
Usaha peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif
terhadap tugas tersebut, dimaksud untuk meningkatkan kinerja
kelompok, lembaga atau organisasi. Dengan kata lain ruang
lingkup pendidikan orang dewasa di Indonesia adalah mulai
dengan kelompok paket A dan B, berbagai kursus keterampilan,
seminar, karyawisata, sampai penataran dan pelatihan yang
diselenggarakan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat.
Dalam masyarakat yang masih sangat sederhana atau tradisional,
pendidikan orang dewasa dilaksanakan melalui upacara adat,
upacara keagamaan atau hal-hal lain untuk menjaga tatacara dan
283