Page 289 - Cakrawala Pendidikan
P. 289
Pendidikan Dew a sa
bangsa yang aman, tentram, tertib dan dinamis dalam lingkungan
pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib dan damai.
Sementara itu pembangunan jangka Panjang ke II bertujuan untuk
mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir
batin sebagai landasan bagi tahap pembangunan berikutnya
menuju masyarakat adil dan makmur dalam Negara Kesatuan Rl
berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Adapun sasaran PJP II ini
adalah: terciptanya kualitas manusia dan kualitas masyarakat
Indonesia yang maju dan mandiri.
Dalam Pelita ke VI lebih di pertegas lagi, bahwa tujuan
pembangunan adalah:
1. Menumbuhkan sikap dan tekad kemandirian manusia dan
masyarakat Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas
sumber daya manusia untuk mewujudkan kesejahteraan
lahir batin yang lebih selaras, adil, dan merata.
2. Meletakkan landasan pembangunan yang mantap untuk tahap
berikutnya.
Sementara itu, sasaran pembangunan pada Pelita VI adalah
tumbuhnya sikap kemandirian dalam diri manusia dan
masyarakat Indonesia melalui peningkatan peran serta, efisiensi
dan produktivitas rakyat dalam meningkatkan taraf hidup,
kecerdasan dan kesejahteraan lahir batin.
Untuk bisa mencapai tujuan dan sasaran di atas, diperlukan
pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan orang dewasa.
Pendidikan formal yang diterima, perlu dilengkapi lagi untuk bisa
memenuhi kompetensi yang dibutuhkan untuk posisi/jabatan
tertentu.
Kurang lebih seperempat abad lamanya kegiatan pendidikan orang
dewasa telah mendapatkan perhatian yang serius dikalangan
negara berkembang, termasuk Indonesia. Seiring dengan
peningkatan berbagai usaha pendidikan orang dewasa itu, tumbuh
pula berbagai macam tujuan dan bentuk usaha, yang satu dengan
yang lain berbeda penonjolannya. Karena itu sulit untuk
menentukan suatu definisi pendidikan orang dewasa yang
universil, yang dapat diterima dengan mantap. Pendidikan orang
279