Page 289 - Cakrawala Pendidikan
P. 289

Pendidikan      Dew a sa


       bangsa  yang  aman,  tentram,  tertib dan  dinamis  dalam  lingkungan
       pergaulan  dunia  yang  merdeka,  bersahabat,  tertib  dan  damai.
       Sementara itu  pembangunan jangka  Panjang  ke  II  bertujuan  untuk
       mewujudkan bangsa yang  maju dan mandiri serta sejahtera lahir
       batin  sebagai  landasan  bagi  tahap  pembangunan  berikutnya
       menuju  masyarakat  adil  dan  makmur dalam  Negara  Kesatuan  Rl
       berdasarkan  Pancasila dan  UUD  1945.  Adapun  sasaran  PJP  II  ini
       adalah:  terciptanya  kualitas  manusia  dan  kualitas  masyarakat
       Indonesia yang maju dan mandiri.
       Dalam  Pelita  ke  VI  lebih  di  pertegas  lagi,  bahwa  tujuan
       pembangunan adalah:

       1.   Menumbuhkan  sikap  dan  tekad  kemandirian  manusia  dan
           masyarakat Indonesia dalam rangka  meningkatkan  kualitas
           sumber  daya  manusia  untuk  mewujudkan  kesejahteraan
           lahir batin yang lebih  selaras, adil,  dan merata.

       2.   Meletakkan landasan pembangunan yang mantap untuk tahap
           berikutnya.
       Sementara  itu,  sasaran  pembangunan  pada  Pelita  VI  adalah
       tumbuhnya  sikap  kemandirian  dalam  diri  manusia  dan
       masyarakat  Indonesia  melalui  peningkatan  peran  serta,  efisiensi
       dan  produktivitas  rakyat  dalam  meningkatkan  taraf  hidup,
       kecerdasan dan kesejahteraan lahir batin.

       Untuk  bisa  mencapai  tujuan  dan  sasaran  di  atas,  diperlukan
       pendidikan.  Salah  satunya  adalah  pendidikan  orang  dewasa.
       Pendidikan  formal  yang  diterima,  perlu  dilengkapi  lagi  untuk  bisa
       memenuhi  kompetensi  yang  dibutuhkan  untuk  posisi/jabatan
       tertentu.
       Kurang  lebih seperempat abad lamanya kegiatan pendidikan orang
       dewasa  telah  mendapatkan  perhatian  yang  serius  dikalangan
       negara  berkembang,  termasuk  Indonesia.    Seiring  dengan
       peningkatan  berbagai usaha pendidikan orang  dewasa itu,  tumbuh
       pula  berbagai  macam tujuan  dan  bentuk usaha,  yang  satu dengan
       yang  lain  berbeda  penonjolannya.  Karena  itu  sulit  untuk
       menentukan  suatu  definisi  pendidikan  orang  dewasa  yang
       universil,  yang  dapat  diterima  dengan  mantap.  Pendidikan  orang




                                                                279
   284   285   286   287   288   289   290   291   292   293   294