Page 285 - Cakrawala Pendidikan
P. 285

Pendidikan       De was a

        Di  sekitar  tahun  1950  mulai  terbit  buku-buku  yang  berisi  analisis
        laporan  para  guru  tersebut.  Di  samping  itu  telah  dibuat  beberapa
       kesimpulan  pokok  dari  hal-hal  yang  sering  mereka  hadapi,
       walaupun  belum  merupakan  suatu  teori  yang  utuh.  Sekitar  tahun
        1960,  mulai diperoleh bukti-bukti dari hasil penelitian ilmiah tentang
        proses  internal  dalam  pendidikan  orang  dewasa.  Penelitian  yang
        membawa harapan tentang perubahan arah ini dilakukan oleh Cyril
       0.  Houle,  yang  dipaparkan  dalam  bukunya  The  Inquiring  Mind
        (1961).
        Perubahan  arah  ditemukan  oleh  Houle  setelah  dia  melakukan
       wawancara  secara  bersungguh-sungguh  dan  mendalam  terhadap
       22  orang.  Penelitian  tersebut  menghasilkan  tiga  kelompok
       orientasi, yaitu:

        1.   Kelompok  Goal  Oriented,  kelompok  yang  berorientasi  pada
            tujuan,  ini  adalah  mereka  yang  menggunakan  pendidikan
            sebagai sarana untuk mencapai tujuan  yang  telah  dirumuskan
            dengan jelas.
        2.   Kelompok  Activity-oriented,  yaitu  kelompok  yang  berorientasi
            pada  kegiatan  ini  adalah  mereka  yang  melibatkan  diri  karena
            mereka  menemukan  manfaat  dari  situasi  belajar,  walaupun
            seringkali  tidak  memiliki  kaitan  yang  jelas  dan  berarti,  atau
            bahkan  kadang-kadang  sama  sekali  tidak  ada  kaitan  dengan
            isi dari tujuan mereka mengikuti kegiatan tersebut.
        3.   Kelompok  Learning-Oriented,  kelompok  yang  berorientasi
            pada  mempelajari  ilmu  itu  sendiri.  Jadi  mereka  mencari  ilmu
            pengetahuan untuk pengembangan ilmu  itu sendiri.
        Kelompok-kelompok  ini  tidak  merupakan  tipe-tipe  yang  murni,
        tetapi  dapat  digambarkan  seperti  tiga  buah  lingkaran  yang  sisi-
        sisinya  saling  berkait  atau  tumpang  tindih.  Namun  demikian
        tekanan utama dari setiap kelompok tersebut dapat terlihat dengan
       jelas (lihat gambar 2).











                                                                 275
   280   281   282   283   284   285   286   287   288   289   290