Page 285 - Cakrawala Pendidikan
P. 285
Pendidikan De was a
Di sekitar tahun 1950 mulai terbit buku-buku yang berisi analisis
laporan para guru tersebut. Di samping itu telah dibuat beberapa
kesimpulan pokok dari hal-hal yang sering mereka hadapi,
walaupun belum merupakan suatu teori yang utuh. Sekitar tahun
1960, mulai diperoleh bukti-bukti dari hasil penelitian ilmiah tentang
proses internal dalam pendidikan orang dewasa. Penelitian yang
membawa harapan tentang perubahan arah ini dilakukan oleh Cyril
0. Houle, yang dipaparkan dalam bukunya The Inquiring Mind
(1961).
Perubahan arah ditemukan oleh Houle setelah dia melakukan
wawancara secara bersungguh-sungguh dan mendalam terhadap
22 orang. Penelitian tersebut menghasilkan tiga kelompok
orientasi, yaitu:
1. Kelompok Goal Oriented, kelompok yang berorientasi pada
tujuan, ini adalah mereka yang menggunakan pendidikan
sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan
dengan jelas.
2. Kelompok Activity-oriented, yaitu kelompok yang berorientasi
pada kegiatan ini adalah mereka yang melibatkan diri karena
mereka menemukan manfaat dari situasi belajar, walaupun
seringkali tidak memiliki kaitan yang jelas dan berarti, atau
bahkan kadang-kadang sama sekali tidak ada kaitan dengan
isi dari tujuan mereka mengikuti kegiatan tersebut.
3. Kelompok Learning-Oriented, kelompok yang berorientasi
pada mempelajari ilmu itu sendiri. Jadi mereka mencari ilmu
pengetahuan untuk pengembangan ilmu itu sendiri.
Kelompok-kelompok ini tidak merupakan tipe-tipe yang murni,
tetapi dapat digambarkan seperti tiga buah lingkaran yang sisi-
sisinya saling berkait atau tumpang tindih. Namun demikian
tekanan utama dari setiap kelompok tersebut dapat terlihat dengan
jelas (lihat gambar 2).
275