Page 287 - Cakrawala Pendidikan
P. 287
Pendidikan Dewasa
3. Terdapat proses belajar alami yang agak universal pada para
orang dewasa yang mempelajari sesuatu atas keinginannya
sendiri, yaitu dengan cara melalui urutan langkah-langkah
serupa atau mirip satu dengan yang lain.
4. Mereka sering kali memerlukan seseorang untuk
membantunya.
5. Biasanya mereka meminta bantuan pada seseorang yang
tidak terdidik sebagai seorang guru, dan apabila mereka
mendatangi seorang guru, maka para guru ini akan
mengganggu proses belajar mereka, karena guru-guru
tersebut akan merubah urutan-urutan proses belajar alami
mereka dengan urutan-urutan langkah pedagogik.
Banyak ilmu pengetahuan lain berperan pada cara belajar orang
dewasa. Sekitar tahun 1960 di Amerika Utara dan Eropa
dipengaruhi oleh psikologi klinis, psikologi perkembangan,
gerontologi atau ilmu yang mempelajari mengapa orang menjadi
tua, sosiologi dan antropologi. Pada umumnya penelitian pada ilmu
ini mendukung instruksi para guru orang dewasa yang terdahulu.
Kemudian para ahli mulai menyusun suatu ilmu pengetahuan baru
yang ditarik dari perpaduan kedua sumber tersebut, dan menjadi
teori belajar "bagi orang dewasa" dan diterima dengan mantap.
Pada awal proses itu, para ahli pendidikan bagi orang dewasa
merasa memerlukan nama bagi teori baru itu sehingga
memungkinkan mereka untuk membahas teori tersebut sejajar
dengan pedagogik. Dipilihlah "Andragogik" untuk sebagaimana
teori tersebut Kata andragogik berasal dari bahasa Junani, "aner''
atau "andr" yang berarti orang (bukan anak) dan agogus berarti
"mengarahkan". lstilah andragogik tersebut pertama kali dikenal
melalui karya seorang ahli pendidikan bagi orang dewasa yang
berkebangsaan Yugoslavia, dalam bukunya Adult Leadership
(1968). Sejak saat itu istilah tersebut semakin sering dipakai dalam
berbagai bacaan di seluruh dunia.
Sebenarnya andragogik dirumuskan sebagai suatu ilmu dan seni
untuk membantu para orang dewasa belajar, sebagai lawan dari
pedagogik yang berarti seni mengajar anak-anak. Namun
277