Page 304 - Cakrawala Pendidikan
P. 304
digambarkan secara sederhana melalui sekedar angka-angka
berupa hasil NEM seperti itu.
Ungkapan tujuan umum pendidikan sebagaimana tertuang di
dalam undang-undang tersebut, tampaknya memang sudah cukup
baik, menyeluruh, dan jelas, namun masih sukar
diimplementasikan. Untuk lebih memahami tujuan pendidikan,
kiranya perlu dikemukakan sasaran pendidikan yang lebih konkrit
lagi sehingga lebih mudah diimplementasikan. Dalam hal ini, ada
enam sasaran pendidikan, yaitu sasaran yang bersifat
pengembangan pribadi, kesadaran terhadap lingkungan, hubungan
sosial, efisiensi ekonomi, tanggung jawab kewarganegaraan, dan
komitmen keberagamaan.
Sasaran pendidikan yang bersifat pengembangan pribadi meliputi
tujuan-tujuan pendidikan untuk mengembangkan pribadi setiap
peserta didik. Sasaran ini mencakup berbagai hal seperti
pengembangan bakat, minat, sikap, dan keterampilan yang positif
untuk dapat digunakan dalam menjalani kehidupan secara sukses.
Berkembangnya kecerdasan, keterampilan, rasa percaya diri yang
kuat, kemauan bekerja keras, tangguh, sehat, bertanggung jawab,
dan mandiri pada masing-masing peserta didik merupakan contoh
rincian dalam sasaran pendidikan yang bersifat pengembangan
pribadi.
Sasaran pendidikan yang bersifat kesadaran akan lingkungan
meliputi tujuan-tujuan yang terkait dengan ilmu dan teknologi, yang
secara langsung dikaitkan dengan lingkungan kehidupan peserta
didik; yaitu, tumbuhnya kesadaran akan berbagai hal yang terdapat
di luar diri individu untuk diteliti, diolah, dan digunakan dengan
sebaik-baiknya untuk menopang kehidupan kemanusiaan. Sasaran
ini akan mencakup berbagai hal seperti kemauan untuk belajar dari
alam sekitar, kesadaran akan manfaat-manfaat yang dapat
diberikan oleh alam sekitar itu, serta keinginan dan kebiasaan
untuk memilihara alam sekitarnya.
Sasaran pendidikan yang bersifat hubungan sosial meliputi tujuan-
tujuan pendidikan yang memungkinkan peserta didik berinteraksi
dan bekerja sama dengan orang lain secara efektif. Termasuk
dalam sasaran jenis ini adalah berbagai pengetahuan, sikap, dan
294