Page 304 - Cakrawala Pendidikan
P. 304

digambarkan  secara  sederhana  melalui  sekedar  angka-angka
            berupa hasil NEM seperti itu.
            Ungkapan  tujuan  umum  pendidikan  sebagaimana  tertuang  di
            dalam  undang-undang tersebut,  tampaknya memang  sudah cukup
            baik,   menyeluruh,   dan   jelas,   namun    masih    sukar
            diimplementasikan.  Untuk  lebih  memahami  tujuan  pendidikan,
            kiranya  perlu  dikemukakan  sasaran  pendidikan  yang  lebih  konkrit
            lagi  sehingga  lebih  mudah  diimplementasikan.  Dalam  hal  ini,  ada
            enam   sasaran   pendidikan,   yaitu   sasaran   yang   bersifat
            pengembangan pribadi,  kesadaran terhadap lingkungan,  hubungan
            sosial,  efisiensi  ekonomi,  tanggung  jawab  kewarganegaraan,  dan
            komitmen keberagamaan.
            Sasaran  pendidikan  yang  bersifat  pengembangan  pribadi meliputi
            tujuan-tujuan  pendidikan  untuk  mengembangkan  pribadi  setiap
            peserta  didik.  Sasaran  ini  mencakup  berbagai  hal  seperti
            pengembangan  bakat,  minat,  sikap,  dan  keterampilan  yang  positif
            untuk dapat digunakan dalam menjalani  kehidupan secara sukses.
            Berkembangnya kecerdasan,  keterampilan,  rasa  percaya  diri  yang
            kuat,  kemauan  bekerja  keras,  tangguh,  sehat,  bertanggung jawab,
            dan  mandiri  pada  masing-masing  peserta didik merupakan  contoh
            rincian  dalam  sasaran  pendidikan  yang  bersifat  pengembangan
            pribadi.
            Sasaran  pendidikan  yang  bersifat  kesadaran  akan  lingkungan
            meliputi tujuan-tujuan yang terkait dengan ilmu  dan teknologi,  yang
            secara  langsung  dikaitkan  dengan  lingkungan  kehidupan  peserta
            didik; yaitu,  tumbuhnya kesadaran akan berbagai hal yang terdapat
            di  luar  diri  individu  untuk  diteliti,  diolah,  dan  digunakan  dengan
            sebaik-baiknya untuk menopang kehidupan kemanusiaan. Sasaran
            ini akan mencakup berbagai hal seperti kemauan untuk belajar dari
            alam  sekitar,  kesadaran  akan  manfaat-manfaat  yang  dapat
            diberikan  oleh  alam  sekitar  itu,  serta  keinginan  dan  kebiasaan
            untuk memilihara alam sekitarnya.

            Sasaran  pendidikan yang  bersifat hubungan sosial meliputi tujuan-
            tujuan  pendidikan  yang  memungkinkan  peserta  didik  berinteraksi
            dan  bekerja  sama  dengan  orang  lain  secara  efektif.  Termasuk
            dalam  sasaran jenis  ini  adalah  berbagai  pengetahuan,  sikap,  dan




            294
   299   300   301   302   303   304   305   306   307   308   309