Page 307 - Cakrawala Pendidikan
P. 307
semangat dan motivasi peserta didik, serta membangkitkan jiwa
pionir di kalangan mereka.
Akhirnya, dimensi produktif adalah sisi pendidikan yang
berorientasi kepada pemerolehan hasil (achievement oriented)
yang dapat dirasakan peserta didik sebagai hal yang bermanfaat
dan berdayaguna. Dalam dimensi ini peserta didik didorong untuk
setiap kali menghasilkan sesuatu dan menciptakan sesuatu yang
baru. Kemampuan berpikir dan memecahkan masalah yang
mengacu kepada dihasilkannya hal-hal baru yang bernilai tambah
termasuk ke dalam dimensi produktif.
Keterkaitan antara keenam sasaran pendidikan dengan dimensi
pendidikan sangat erat. Setiap sasaran pendidikan berada di dalam
ketiga sisi dimensi pendidikan, dan setiap sisi dimensi pendidikan
memuat keen am sasaran pendidikan (lihat matriks 1 ).
Matriks 1
Keterkaitan Sasaran dari Dimensi Pendidikan
Dimensi Pendidikan
Sasaran Pendidikan
Demokratik lnspiratif Produktif
Pengembangan Pribadi ../ ../ ../
Kesadaran terhadap ../ ../ ../
Lingkungan
Hubungan Sosial ../ ../ ../
Efisiensi Ekonomi ../ ../ ../
Tanggung Jawab ../ ../ ../
Kewarganegaraan
Komitmen Keberagamaan ../ ../ ../
297