Page 307 - Cakrawala Pendidikan
P. 307

semangat  dan  motivasi  peserta  didik,  serta  membangkitkan  jiwa
       pionir di kalangan mereka.
       Akhirnya,   dimensi  produktif  adalah   sisi   pendidikan  yang
       berorientasi  kepada  pemerolehan  hasil  (achievement  oriented)
       yang  dapat  dirasakan  peserta  didik  sebagai  hal  yang  bermanfaat
       dan  berdayaguna.  Dalam  dimensi  ini  peserta  didik  didorong  untuk
       setiap  kali  menghasilkan  sesuatu  dan  menciptakan  sesuatu  yang
       baru.  Kemampuan  berpikir  dan  memecahkan  masalah  yang
       mengacu  kepada  dihasilkannya  hal-hal  baru  yang  bernilai  tambah
       termasuk ke dalam dimensi produktif.
       Keterkaitan  antara  keenam  sasaran  pendidikan  dengan  dimensi
       pendidikan sangat erat.  Setiap sasaran pendidikan berada di dalam
       ketiga  sisi  dimensi  pendidikan,  dan  setiap  sisi  dimensi  pendidikan
       memuat keen am sasaran pendidikan (lihat matriks 1 ).


                                Matriks  1
               Keterkaitan Sasaran dari Dimensi Pendidikan

                                         Dimensi Pendidikan
            Sasaran Pendidikan
                                 Demokratik   lnspiratif   Produktif

         Pengembangan Pribadi        ../        ../         ../
         Kesadaran terhadap          ../        ../         ../
         Lingkungan

         Hubungan Sosial             ../        ../         ../
         Efisiensi Ekonomi           ../        ../         ../

         Tanggung Jawab              ../        ../         ../
         Kewarganegaraan
         Komitmen Keberagamaan       ../        ../         ../










                                                                297
   302   303   304   305   306   307   308   309   310   311   312