Page 322 - Cakrawala Pendidikan
P. 322
Tisnowati Tamat
dan memecahkan masalah hidupnya berdasarkan agama dan
analisis sebab akibat Semua langkahnya dipertimbangkan melalui
4 tahapan berikut
a. Bolehkah hal tersebut saya lakukan? Pertanyaan tersebut
harus dijawab dengan balk dengan terlebih dahulu
merenungkan pertanyaan berikut Apakah Tuhan
mengizinkan? Apakah peraturan dan perundangan
membolehkan? Apabila jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
tersebut terjawab dengan "boleh" maka dilanjutkan dengan
pertanyaan berikutnya.
b. Perlukah saya lakukan, atau sekedar ingin atau ikut-ikutan?
Apabila jawabannya perlu bahkan perlu sekali, maka harus di
jawab pertanyaan berikutnya.
c. Mampukah saya melakukannya ditinjau dari waktu,
keuangan, keterampilan, pengetahuan dan hal lain yang perlu
direnungkan.
d. Apabila pertanyaan ketiga sudah terjawab dengan baik maka
pertanyaan terakhir adalah pantaskah hal tersebut saya
lakukan?
Kecerdasan seperti tersebut dapat dilatih melalui kegiatan olahraga
sejak dini, karena di dalam kegiatan olahraga seseorang bergerak
da!am rambu-rambu peraturan dan harus tahu tentang
kemampuan orang lain dan diri sendiri, serta akan selalu
memperhitungkan setiap langkah.
Kedua, manusia yang sehat sosial. Seseorang disebut sehat
sosial apabi!a orang tersebut dapat mengendalikan diri, sehingga
dapat berinteraksi sesuai dengan kebutuhan, tempat dan waktu.
serta pandai menempatkan diri sesuai dengan lawan bicara.
Dengan kata lain orang tersebut dapat tepo.:seliro, dapat
menghargai karya orang lain, peka terhadap situasi dan tuntutan
lingkungan dan se!alu mawas diri, misalnya tercermin ketika ia
berbicara dengan kepala sekolah, dengan ternan sejawat atau
dengan murid.
Ketiga, manusia yang sehat jasmani. Adapun ciri-ciri manusia
yang sehat jasmani adalah seseorang yang dapat melakukan
312