Page 322 - Cakrawala Pendidikan
P. 322

Tisnowati Tamat


             dan  memecahkan  masalah  hidupnya  berdasarkan  agama  dan
             analisis sebab akibat  Semua  langkahnya dipertimbangkan  melalui
             4 tahapan berikut
             a.   Bolehkah  hal  tersebut  saya  lakukan?  Pertanyaan  tersebut
                 harus  dijawab  dengan    balk  dengan  terlebih   dahulu
                 merenungkan     pertanyaan    berikut   Apakah    Tuhan
                 mengizinkan?    Apakah    peraturan   dan   perundangan
                 membolehkan?  Apabila  jawaban  dari  pertanyaan-pertanyaan
                 tersebut  terjawab  dengan  "boleh"  maka  dilanjutkan  dengan
                 pertanyaan berikutnya.
             b.   Perlukah  saya  lakukan,  atau  sekedar  ingin  atau  ikut-ikutan?
                 Apabila jawabannya perlu  bahkan  perlu  sekali,  maka  harus di
                 jawab pertanyaan berikutnya.
             c.   Mampukah  saya  melakukannya  ditinjau  dari  waktu,
                  keuangan,  keterampilan,  pengetahuan dan  hal  lain  yang  perlu
                 direnungkan.
             d.   Apabila  pertanyaan  ketiga  sudah  terjawab  dengan  baik  maka
                  pertanyaan  terakhir  adalah  pantaskah  hal  tersebut  saya
                  lakukan?
             Kecerdasan seperti tersebut dapat dilatih melalui kegiatan olahraga
             sejak dini,  karena  di  dalam  kegiatan  olahraga  seseorang  bergerak
             da!am   rambu-rambu    peraturan   dan   harus   tahu   tentang
             kemampuan  orang  lain  dan  diri  sendiri,  serta  akan  selalu
             memperhitungkan setiap langkah.
             Kedua,  manusia  yang  sehat  sosial.  Seseorang  disebut  sehat
             sosial  apabi!a  orang  tersebut  dapat  mengendalikan  diri,  sehingga
             dapat  berinteraksi  sesuai  dengan  kebutuhan,  tempat  dan  waktu.
             serta  pandai  menempatkan  diri  sesuai  dengan  lawan  bicara.
             Dengan  kata  lain  orang  tersebut  dapat  tepo.:seliro,  dapat
             menghargai  karya  orang  lain,  peka  terhadap  situasi  dan  tuntutan
             lingkungan  dan  se!alu  mawas  diri,  misalnya  tercermin  ketika  ia
             berbicara  dengan  kepala  sekolah,  dengan  ternan  sejawat  atau
             dengan murid.
             Ketiga,  manusia  yang  sehat  jasmani.  Adapun  ciri-ciri  manusia
             yang  sehat  jasmani  adalah  seseorang  yang  dapat  melakukan



             312
   317   318   319   320   321   322   323   324   325   326   327