Page 324 - Cakrawala Pendidikan
P. 324

Tisnowati Tamat

            memadai  serta  kurangnya  sikap  positif,  pengetahuan,  dan
            keterampilan  guru  karena  banyak  guru  pendidikan  jasmani  di
            Sekolah  Dasar  tidak  mempunyai  latar  belakang  pendidikan  yang
            relevan.
            Untuk selanjutnya akan  dibahas tentang  tujuan  pendidikan jasmani
            di  Sekolah  Dasar,  karakteristik  anak,  serta  kegiatan  dan  cara
            evaluasi keberhasilan pendidikan jasmani.

            Tujuan Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
            Tujuan  utama  pendidikan  jasmani  di  Sekolah  Dasar  adalah
            memenuhi  hasrat  dan  dorongan  bergerak  anak,  karena  gerak
            dapat  merangsang  pertumbuhan  dan  perkembangan  jasmani,
            rohani,  sosial,  dan  emosi  anak.  Sedang  tujuan  khusus  pendidikan
            jasmani di  Sekolah Dasar adalah membentuk struktur tubuh yang
            baik,  mengoreksi  penyimpangan  yang  ada  dan  menguasai
            gerak dasar secara benar.

            Ditinjau  dari  bidang  studi  itu  sendiri,  pendidikan  jasmani
            mempunyai 4 tujuan, yaitu sebagai berikut.
            1.   Memberikan  pengetahuan  dan  pengertian  tentang  arti  dan
                guna  pendidikan  jasmani,  dan  cara  bermain  olahraga  yang
                benar. (Cognitive domain)
            2.   Membentuk  dan  mengembangkan  sikap  serta  kepribadian
                dalam  penghayatan  dan  pengamalan  peraturan  dan  jiwa
                 kesatria menuju terbentuknya warga negara yang  baik.  Hal ini
                 antara  lain  meliputi  pengendalian  diri,  kejujuran,  keadilan,
                disiplin,  perhatian  pada  orang  lain  dan  simpati  pada  yang
                 lemah,  keberanian,  toleransi  dan  kerjasama,  ketekunan,
                 apresiasi  terhadap  keindahan  bentuk  tubuh  dan  gerak.
                 (Affective domain)
            3.   Meningkatkan  koordinasi,  waktu  reaksi,  penguasaan  gerak
                 dalam  ruang,  keseimbangan,  kelenturan,  kecepatan,  efisiensi
                 gerak,  dan  keterampilan  khusus  tentang  cabang  olahraga
                 tertentu. (Psychomotor domain)






            314
   319   320   321   322   323   324   325   326   327   328   329