Page 324 - Cakrawala Pendidikan
P. 324
Tisnowati Tamat
memadai serta kurangnya sikap positif, pengetahuan, dan
keterampilan guru karena banyak guru pendidikan jasmani di
Sekolah Dasar tidak mempunyai latar belakang pendidikan yang
relevan.
Untuk selanjutnya akan dibahas tentang tujuan pendidikan jasmani
di Sekolah Dasar, karakteristik anak, serta kegiatan dan cara
evaluasi keberhasilan pendidikan jasmani.
Tujuan Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
Tujuan utama pendidikan jasmani di Sekolah Dasar adalah
memenuhi hasrat dan dorongan bergerak anak, karena gerak
dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani,
rohani, sosial, dan emosi anak. Sedang tujuan khusus pendidikan
jasmani di Sekolah Dasar adalah membentuk struktur tubuh yang
baik, mengoreksi penyimpangan yang ada dan menguasai
gerak dasar secara benar.
Ditinjau dari bidang studi itu sendiri, pendidikan jasmani
mempunyai 4 tujuan, yaitu sebagai berikut.
1. Memberikan pengetahuan dan pengertian tentang arti dan
guna pendidikan jasmani, dan cara bermain olahraga yang
benar. (Cognitive domain)
2. Membentuk dan mengembangkan sikap serta kepribadian
dalam penghayatan dan pengamalan peraturan dan jiwa
kesatria menuju terbentuknya warga negara yang baik. Hal ini
antara lain meliputi pengendalian diri, kejujuran, keadilan,
disiplin, perhatian pada orang lain dan simpati pada yang
lemah, keberanian, toleransi dan kerjasama, ketekunan,
apresiasi terhadap keindahan bentuk tubuh dan gerak.
(Affective domain)
3. Meningkatkan koordinasi, waktu reaksi, penguasaan gerak
dalam ruang, keseimbangan, kelenturan, kecepatan, efisiensi
gerak, dan keterampilan khusus tentang cabang olahraga
tertentu. (Psychomotor domain)
314