Page 328 - Cakrawala Pendidikan
P. 328
Tisnowati Tamat
memberikan sedikit hal yang menyangkut cognitive domain, di
samping tetap diberikan hal-hal yang menyangkut affective domain,
psychomotor domain dan organic domain. Kelompok ini mulai
menyadari keberadaan dirinya dan rasa persaingan mulai timbul,
oleh karenanya penerapan norma baik buruk, disiplin dan
menghargai prestasi orang lain harus lebih ditekankan oleh para
guru pendidikan jasmani.
Kelompok Ill Terdiri dari anak kelas 5 dan 6 SD berumur sekitar
11 s/d 12 tahun, anak-anak kelompok ini memiliki ciri-ciri sebagai
berikut:
a. Segi fisik: mereka mulai menyadari dirinya secara phisik dan
perbedaan gender mulai kelihatan, pertumbuhan tubuhnya
mulai lambat, waktu reaksinya semakin bagus, dan koordinasi
menjadi baik. Mereka kelihatan sehat dan kokoh,
pertumbuhan tungkai lebih cepat daripada badan bagian atas,
paru-paru terbentuk hampir sempurna, serta laki-laki dan
wanita mulai kelihatan perbedaannya dalam kekuatan dan
keterampilan.
b. Segi mental mereka menyenangi bentuk kegiatan yang
kompetitif, lebih tertarik pada permainan dengan bola dan
permainan beregu, belum mengenal masalah kesehatan,
serta waktu perhatian/konsentrasi lebih panjang. Mereka
sangat memikirkan kelompoknya dan menghargai
prestasinya, sebagian cepat putus asa apabila gaga!, sukar
untuk disuruh mencoba kembali, merasa sudah besar
(dewasa), dan kemampuan membaca lebih baik, menghargai
waktu, sehingga senang apabila segala sesuatu tepat waktu.
c. Segi sosial dan perasaan: rasa sosial dan perasaannya
sesuai dengan pertumbuhan fisiknya, reaktif terhadap
komentar dan kata-kata serta mudah terpancing, sangat kritis
pada tindakan orang dewasa. Siswa putra tidak begitu suka
pada anak putri, sedangkan anak putri mulai menaruh
perhatian kepada ternan prianya yang lebih tua. Mereka
senang apabila dihargai oleh kelompoknya, bangga dengan
prestasinya dan benci pada kegagalan atau kesalahan.
Mereka akan bekerja keras apabila mendapat dorongan dan
318