Page 331 - Cakrawala Pendidikan
P. 331
Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
dinyatakan dalam bentuk gerak tubuh dan atau bagian-bagian
tubuh. Dari kegiatan tersebut anak akan mendapatkan
berbagai pengalaman gerak, dan hal tersebut merupakan
sumbangan yang penting bagi pertumbuhan dan
perkembangan anak di tingkat sekolah dasar {Nixon, 1969).
Pengalaman gerak yang dimiliki seorang anak akan menjadi
modal untuk mengembangkan kemampuan gerak yang lebih
tinggi dan dalam perkembangan selanjutnya kemampuan
tersebut akan dapat memberikan sumbangan kepada
penguasaan beberapa macam keterampilan gerak (Stallings,
1973).
Dengan mengambil pengertian dari uraian tersebut maka
pendidikan jasmani di sekolah dasar perlu ditangani secara
bersungguh-sungguh, sehingga akan tercapai hasil belajar,
antara lain berupa kemampuan gerak yang berfaedah dalam
kehidupan seseorang pada umumnya dan dalam kegiatan
olahraga khususnya. Juga dari uraian tersebut dapat
diperoleh pengertian bahwa pendidikan jasmani merupakan
suatu dan barangkali satu-satunya kegiatan pengajaran di
sekolah yang memungkinkan anak didik untuk
mengaktualisasikan potensi psikofisik mereka. Aktualisasi
potensi psikofisik melalui penyajian pendidikan jasmani yang
dipersiapkan dengan matang, dan sesuai dengan karakteristik
anak, akan membantu perkembangan setiap anak secara
optimal dan harmonis.
Kegiatan pendidikan jasmani untuk setiap kelompok
Kegiatan pendidikan jasmani untuk setiap kelompok jelas akan
berbeda. karena adanya perbedaan karakteristik anak.
Untuk Kelompok I:
Berhubung kelompok ini masih hidup dalam alam fantasi, maka
kelompok ini dapat diberikan pendidikan jasmani melalui bentuk
ceritera khayalan, dan anak melaksanakan gerakan sesuai dengan
imajinasi mereka masing-masing. Sebagai contoh, cerita: pergi ke
hutan. Gerakan sesuai dengan ceritera guru, melangkah pelan
321