Page 334 - Cakrawala Pendidikan
P. 334

Untuk Kelompok III:
           Kelompok  ini  hidup  dalam  alam  nyata.  Mengingat  karakteristik
           kelompok ini,  maka  dalam  memberikan  pendidikan jasmani  pada
           kelompok ini  perlu  ditekankan semua tujuan  pendidikan jasmani (4
           domain) yang  ada.  Maka  di  samping  atletik,  berenang  dan  senam
           lantai,  gerakan  dasar  permainan  beregu  dapat  mulai  diajarkan,
           antara  lain  gerakan  dasar,  untuk  sepak  bola.  bola  tangan,
           raunders,  sepak takraw, dan basket
           Walaupun  karakteristik  kelompok  ini  senang  pada  permainan
           beregu,  jenis  permainan  individual  dapat  menjadi  pilihan  pula,
           seperti bulu tangkis, tenis meja dan permainan tradisional.

           Evaluasi Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
           Evaluasi  pendidikan jasmani  di  SO  harus  mengacu  kepada  tujuan
           pendidikan jasmani di SO,  yaitu untuk membantu pertumbuhan dan
           perkembangan  anak  serta  untuk  mencapai  sruktur  tubuh  yang
           baik.  Oleh  karenanya,  evaluasi  hendaknya  diarahkan  untuk
           mengetahui  pertumbuhan  dan  perkembangan  serta  struktur tubuh
           anak  menurut  teori  yang  ada.  Oengan  demikian  anak  SO  belum
           perlu  mengetahui  peraturan  permainan  secara  lengkap  seperti
           yang  digunakan  dalam  pertandingan  resmi,  juga  tidak  perlu
           mengetahui  ukuran  alat  dan  lapangan.  Pemaksaan  tentang  hal  ini
           hanya  akan  membebani  dan  membingungkan  anak,  karena  tidak
           semua  sekolah  memiliki  alat  dan  lapangan  yang  sesuai  dengan
           peraturan yang ada.
           Jadi yang  penting bagi anak adalah mereka dapat bermain dengan
           menggunakan  alat  dan  lapangan  yang  ada  di  sekolah  mereka,
           sehingga  ujian  tertulis  untuk  mengetahui  penguasaan  mereka
           terhadap teori pendidikan jasmani tidak perlu diadakan.
           Evaluasi  pendidikan  jasmani  yang  perlu  dilakukan  adalah  tes
           kesegaran  jasmani.  Tes  Kesegaran  Jasmani  dapat  dilakukan
           sesuai  dengan  buku  penilaian  Kesegaran  Jasmani  untuk  Sekolah
           Dasar,  yang  diterbitkan  oleh  Pusat  Kesegaran  Jasmani  dan
           Rekreasi,  Departemen  Pendidikan  dan  Kebudayaan.Tes  ini  dapat
           dilakukan   setiap   akhir   tahun   ajaran,   untuk   mengetahui
           pertumbuhan  dan  perkembangan  anak.  Hasil  tes  ini  dapat



           324
   329   330   331   332   333   334   335   336   337   338   339