Page 334 - Cakrawala Pendidikan
P. 334
Untuk Kelompok III:
Kelompok ini hidup dalam alam nyata. Mengingat karakteristik
kelompok ini, maka dalam memberikan pendidikan jasmani pada
kelompok ini perlu ditekankan semua tujuan pendidikan jasmani (4
domain) yang ada. Maka di samping atletik, berenang dan senam
lantai, gerakan dasar permainan beregu dapat mulai diajarkan,
antara lain gerakan dasar, untuk sepak bola. bola tangan,
raunders, sepak takraw, dan basket
Walaupun karakteristik kelompok ini senang pada permainan
beregu, jenis permainan individual dapat menjadi pilihan pula,
seperti bulu tangkis, tenis meja dan permainan tradisional.
Evaluasi Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
Evaluasi pendidikan jasmani di SO harus mengacu kepada tujuan
pendidikan jasmani di SO, yaitu untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan anak serta untuk mencapai sruktur tubuh yang
baik. Oleh karenanya, evaluasi hendaknya diarahkan untuk
mengetahui pertumbuhan dan perkembangan serta struktur tubuh
anak menurut teori yang ada. Oengan demikian anak SO belum
perlu mengetahui peraturan permainan secara lengkap seperti
yang digunakan dalam pertandingan resmi, juga tidak perlu
mengetahui ukuran alat dan lapangan. Pemaksaan tentang hal ini
hanya akan membebani dan membingungkan anak, karena tidak
semua sekolah memiliki alat dan lapangan yang sesuai dengan
peraturan yang ada.
Jadi yang penting bagi anak adalah mereka dapat bermain dengan
menggunakan alat dan lapangan yang ada di sekolah mereka,
sehingga ujian tertulis untuk mengetahui penguasaan mereka
terhadap teori pendidikan jasmani tidak perlu diadakan.
Evaluasi pendidikan jasmani yang perlu dilakukan adalah tes
kesegaran jasmani. Tes Kesegaran Jasmani dapat dilakukan
sesuai dengan buku penilaian Kesegaran Jasmani untuk Sekolah
Dasar, yang diterbitkan oleh Pusat Kesegaran Jasmani dan
Rekreasi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Tes ini dapat
dilakukan setiap akhir tahun ajaran, untuk mengetahui
pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil tes ini dapat
324