Page 337 - Cakrawala Pendidikan
P. 337
Pendidikan Jasrnani di Sekolah Dasar
Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar merupakan beban terberat
bagi guru Pendidikan Jasmani karena harus meletakkan dasar
yang baik dan benar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak
selanjutnya. Apabila struktur tubuh yang baik dapat tercapai, maka
pada saat di SL TP anak dapat belajar keterampilan dengan baik.
Dengan demikian sekolah dapat pula merupakan tempat yang baik
untuk pembibitan calon olahragawan yang dapat dibanggakan dan
dapat menyediakan calon tenaga kerja yang handal. Seorang guru
pendidikan jasmani harus sadar benar akan tujuan pendidikan
jasmani dan tahu benar apa yang akan dilakukan karena
pendidikan jasmani di Sekolah Dasar merupakan sarana yang
penting dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. Untuk
mendukung hal tersebut seyogyanya guru Pendidikan Jasmani dan
Penilik Olahraga berlatar belakang pendidikan S1 Olahraga atau
minimal D-Ill Pendidikan Jasmani.
Daftar Pustaka
Andrew, J. (1979). Essays on Physical Education and Sport.
Cheltenham: Stanley Thomes Publishers Ltd.
Annarino, A A. all ( 1980). Curriculum Theory and Design in
Physical Education. Toronto: The CV.Mosby.
Bloom. B.S. gt all (1980). Taxonomy of Educational Objecttives,
Affective Domain. New York: Longman Inc.
Grassy, B.J. (1968). Movement Behavior and Mottor Learning.
Philadelphia: Lea & Febiger.
Cowell, C.C. and Helen, W.H. (1961). Curriculum Designs in
Physical Education. New Jersey: Prentice- Hall, Inc.
Dauer, V.P. & Robert, P.P. (1975). Dynamic Physical Education for
Elementary School Children. Minneapolis, Minnesota: Burgess
Publishing Company.
Drowatzky, J.N. (1975). Motor Learning: Principles and Practices.
Minnesota: Burgess Pub. Co.
Frost, R.B. (1975). Physical Education - Foundations, Practices
and Principle. Ontario: Addison Wesley Publishing Company.
327