Page 337 - Cakrawala Pendidikan
P. 337

Pendidikan Jasrnani di Sekolah Dasar

         Pendidikan  Jasmani  di  Sekolah  Dasar  merupakan  beban  terberat
         bagi  guru  Pendidikan  Jasmani  karena  harus  meletakkan  dasar
         yang  baik dan  benar untuk pertumbuhan  dan  perkembangan  anak
         selanjutnya.  Apabila  struktur tubuh yang  baik dapat tercapai,  maka
         pada  saat  di  SL TP  anak  dapat belajar keterampilan  dengan  baik.
         Dengan demikian  sekolah dapat pula  merupakan tempat yang  baik
         untuk pembibitan calon  olahragawan yang  dapat dibanggakan dan
         dapat menyediakan calon tenaga kerja yang  handal.  Seorang guru
         pendidikan  jasmani  harus  sadar  benar  akan  tujuan  pendidikan
         jasmani  dan  tahu  benar  apa  yang  akan  dilakukan  karena
         pendidikan  jasmani  di  Sekolah  Dasar  merupakan  sarana  yang
         penting  dalam  pembentukan  manusia  Indonesia  seutuhnya.  Untuk
         mendukung hal tersebut seyogyanya guru Pendidikan Jasmani dan
         Penilik  Olahraga  berlatar  belakang  pendidikan  S1  Olahraga  atau
         minimal D-Ill Pendidikan Jasmani.

         Daftar Pustaka

         Andrew,  J.  (1979).  Essays  on  Physical  Education  and  Sport.
             Cheltenham: Stanley Thomes Publishers Ltd.
         Annarino,  A A.   all  ( 1980).  Curriculum  Theory  and  Design  in
             Physical Education.  Toronto: The CV.Mosby.
         Bloom.  B.S.  gt  all  (1980).  Taxonomy  of Educational  Objecttives,
             Affective Domain. New York:  Longman Inc.
         Grassy,  B.J.  (1968).  Movement  Behavior  and  Mottor  Learning.
             Philadelphia:  Lea  & Febiger.

         Cowell,  C.C.  and  Helen,  W.H.  (1961).  Curriculum  Designs  in
             Physical Education.  New Jersey: Prentice- Hall,  Inc.
         Dauer, V.P.  & Robert,  P.P.  (1975).  Dynamic Physical Education for
             Elementary School Children.  Minneapolis, Minnesota:  Burgess
             Publishing Company.

         Drowatzky,  J.N.  (1975).  Motor Learning:  Principles  and Practices.
             Minnesota: Burgess Pub. Co.
         Frost,  R.B.  (1975).  Physical  Education  - Foundations,  Practices
             and Principle.  Ontario: Addison Wesley Publishing Company.



                                                                  327
   332   333   334   335   336   337   338   339   340   341   342