Page 342 - Cakrawala Pendidikan
P. 342
Evaluasi
Relevansi
Penataan Program Studi
Program studi di masing-masing Fakultas, baik program strata satu
(S1) maupun program strata dua (S2) perlu penataan sehinga
relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian ada
program studi baru yang dibuka, namun ada juga yang ditutup
sementara. Demikian juga perlu standarisasi penataan, maupun
kualifikasi progam studi.
Kurikulum
Mengingat pesatnya perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan
teknologi) maka untuk mengantisipasi hal tersebut perlu adanya
evaluasi kuriku!um secara berkala, baik kurikulum nasional
maupun lokal. Perubahan kurikulum hendaknya didasarkan pada
relevansi hasil pendidikan dengan lapangan kerja yang ditentukan
oleh: pasar, universitas, dan masyarakat. Perubahan kurikulum ini
diikuti dengan mempersiapkan tenaga pengajar, baik dari segi isi,
metode maupun peralatan. Hal ini diperlukan agar perubahan itu
benar-benar mencapai tujuan.
Bidang Prioritas/ Unggulan
Bidang-bidang yang per!u dikembangkan pada masing-masing
Perguruan Tinggi sangat beragam mulai dari bidang
kewirausahaan (entrepreneurship), bidang hukum, bidang
pertanian lahan kering, bidang budidaya perternakan/perikanan
dan sebagainya. Untuk menopang bidang-bidang unggulan
tersebut selain dikelo!a Perguruan Tinggi sendiri perlu kerjasama
dengan pihak luar, seperti dengan Perguruan Tinggi di dalam
maupun dari luar negeri.
Mutu Pendidikan
Peningkatan mutu dosen
Sasaran nasional di tahun 2000 menyatakan bahwa jumlah dosen
biasa di PTN yang berkual1fikasi S2 dan S3 sebanyak 50%. Untuk
333