Page 342 - Cakrawala Pendidikan
P. 342

Evaluasi

      Relevansi

      Penataan Program Studi

      Program studi di masing-masing Fakultas,  baik program strata satu
      (S1)  maupun  program  strata  dua  (S2)  perlu  penataan  sehinga
      relevan  dengan  kebutuhan  masyarakat.  Dengan  demikian  ada
      program  studi  baru  yang  dibuka,  namun  ada  juga  yang  ditutup
      sementara.  Demikian  juga  perlu  standarisasi  penataan,  maupun
      kualifikasi progam studi.

      Kurikulum

      Mengingat  pesatnya  perkembangan  iptek  (ilmu  pengetahuan  dan
      teknologi)  maka  untuk  mengantisipasi  hal  tersebut  perlu  adanya
      evaluasi  kuriku!um  secara  berkala,  baik  kurikulum  nasional
      maupun  lokal.  Perubahan  kurikulum  hendaknya  didasarkan  pada
      relevansi  hasil  pendidikan  dengan  lapangan  kerja  yang  ditentukan
      oleh:  pasar,  universitas,  dan  masyarakat.  Perubahan  kurikulum  ini
      diikuti  dengan  mempersiapkan  tenaga  pengajar,  baik  dari  segi  isi,
      metode  maupun  peralatan.  Hal  ini  diperlukan  agar  perubahan  itu
      benar-benar mencapai tujuan.

      Bidang Prioritas/ Unggulan
      Bidang-bidang  yang  per!u  dikembangkan  pada  masing-masing
      Perguruan    Tinggi   sangat   beragam   mulai   dari   bidang
      kewirausahaan    (entrepreneurship),   bidang   hukum,   bidang
      pertanian  lahan  kering,  bidang  budidaya  perternakan/perikanan
      dan  sebagainya.  Untuk  menopang  bidang-bidang  unggulan
      tersebut  selain  dikelo!a  Perguruan  Tinggi  sendiri  perlu  kerjasama
      dengan  pihak  luar,  seperti  dengan  Perguruan  Tinggi  di  dalam
      maupun dari luar negeri.
      Mutu Pendidikan


      Peningkatan mutu dosen
      Sasaran  nasional  di  tahun  2000  menyatakan  bahwa jumlah  dosen
      biasa di  PTN  yang  berkual1fikasi  S2  dan  S3  sebanyak 50%.  Untuk



                                                               333
   337   338   339   340   341   342   343   344   345   346   347