Page 343 - Cakrawala Pendidikan
P. 343
Siti Rasminah Chailani S.
memenuhi sasaran ini masing-masing perguruan tinggi telah
memprogramkan dosen-dosennya memiliki kualifikasi tersebut.
Pengernbangan Pascasarjana
Untuk memenuhi jumlah kualifikasi dosen S2 dan S3 maka
program Pascasarjana seyogyanya mendapat perhatian yang lebih
serius dan perlunya membuka program-program studi baru.
Sarana Pendidikan dan Penelitian
Upaya pengembangan mutu pendidikan tidak lepas dari
tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
Sarana dan prasarana tersebut meliputi gedung kuliah, gedung
laboratorium, peralatan laboratorium, gedung perpustakaan, jumlah
dan jenis buku di perpustakaan. Di samping itu peran penelitian
dalam peningkatan kualitas tidak dapat dianggap enteng. Dari hasil
penelitian diperoleh informasi kualitas pendidikan yang kita miliki
sekarang; selanJutnya dari hasil ini dikembangkan perencanaan
dan tindakan untuk meningkatkannya.
Perbaikan proses bela jar rnengajar
Bagi dosen-dosen muda diwajibkan mengikuti program Pekerti
untuk memberi dasar-dasar kesiapan berinteraksi dengan
mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Dengan penataran
program Pekerti para dosen muda mampu menyusun GBPP (Garis
Besar Program Pengajaran) dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan).
Di lain pihak untuk dosen senior diadakan program "Applied
approach" untuk memutakhirkan wawasan pembelajarannya.
Di dalam upaya meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi,
perlu dijalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah
maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri. Kegiatan-
kegiatan tersebut dapat berupa pendidikan formal (S2 dan S3),
lokakarya, simposium, seminar, kuliah tamu, dan penelitian yang
kesemuanya dapat dilakukan di dalam kampus dalam negeri
maupun di luar negeri.
334