Page 343 - Cakrawala Pendidikan
P. 343

Siti Rasminah Chailani S.

           memenuhi  sasaran  ini  masing-masing  perguruan  tinggi  telah
           memprogramkan dosen-dosennya memiliki kualifikasi tersebut.

           Pengernbangan Pascasarjana
           Untuk  memenuhi  jumlah  kualifikasi  dosen  S2  dan  S3  maka
           program Pascasarjana seyogyanya mendapat perhatian yang lebih
           serius dan perlunya membuka program-program studi baru.

           Sarana Pendidikan dan Penelitian
           Upaya  pengembangan  mutu  pendidikan  tidak  lepas  dari
           tersedianya  sarana  dan  prasarana  pendidikan  yang  memadai.
           Sarana  dan  prasarana  tersebut  meliputi  gedung  kuliah,  gedung
           laboratorium,  peralatan laboratorium,  gedung perpustakaan, jumlah
           dan  jenis  buku  di  perpustakaan.  Di  samping  itu  peran  penelitian
           dalam peningkatan  kualitas tidak dapat dianggap enteng.  Dari hasil
           penelitian  diperoleh  informasi  kualitas  pendidikan  yang  kita  miliki
           sekarang;  selanJutnya  dari  hasil  ini  dikembangkan  perencanaan
           dan tindakan untuk meningkatkannya.

           Perbaikan proses bela jar rnengajar

           Bagi  dosen-dosen  muda  diwajibkan  mengikuti  program  Pekerti
           untuk  memberi  dasar-dasar  kesiapan  berinteraksi  dengan
           mahasiswa  dalam  proses  belajar  mengajar.  Dengan  penataran
           program Pekerti para dosen muda mampu menyusun GBPP (Garis
           Besar Program  Pengajaran) dan  SAP  (Satuan Acara  Perkuliahan).
           Di  lain  pihak  untuk  dosen  senior  diadakan  program  "Applied
           approach" untuk memutakhirkan wawasan pembelajarannya.
           Di  dalam  upaya  meningkatkan  kualitas  tridharma perguruan tinggi,
           perlu  dijalin  kerjasama  dengan  berbagai  instansi  pemerintah
           maupun  swasta  baik  dalam  negeri  maupun  luar  negeri.  Kegiatan-
           kegiatan  tersebut  dapat  berupa  pendidikan  formal  (S2  dan  S3),
           lokakarya,  simposium,  seminar,  kuliah  tamu,  dan  penelitian  yang
           kesemuanya  dapat  dilakukan  di  dalam  kampus  dalam  negeri
           maupun di luar negeri.






           334
   338   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348