Page 348 - Cakrawala Pendidikan
P. 348
Evaluasi
Permasalahan pada bidang Prioritasj Unggulan adalah
1. Tingkat keterlaksanaan masing-masing bidang unggulan masih
sangat beragam.
2. Belum ada pemahaman yang jelas tentang bidang unggulan.
3. Walaupun bioteknologi bukan merupakan bidang unggulan,
tetapi kenyataannya merupakan salah satu bidang unggulan
yang telah berjalan dengan baik.
Upaya pemecahan masalah, dengan mengkaji ulang bidang-
bidang unggulan yang sudah disepakati untuk disesuaikan dengan
kondisi dan situasi serta antisipasi keadaan nasional dan global.
Permasalahan mutu dosen, antara lain menyangkut kuantitas
dosen berkualifikasi S2 dan S3 belum memenuhi sasaran, jumlah
dosen yang berminat mengikuti program Pascasarjana semakin
menurun, dan selain sebaran dosen yang berkualifikasi S2 dan S3
belum merata juga belum ideal diantara program studi. Demikian
juga lama penyelesaian program Pascasarjana di dalam negeri
umumnya lebih lama, dan kurangnya kemampuan dosen dalam
penguasaan bahasa as1ng akan menurunkan minat mengikuti
program pascasarjana di luar negeri.
Upaya pemecahan masalah di bidang peningkatan mutu dosen
yaitu dengan meningkatkan kemampuan dosen dalam
kemampuan bahasa asing melalui kursus TOEFL, dan memberi
insentif bagi dosen yang berprestasi. Begitu juga meningkatkan
upaya dan langkah-langkah konkrit yang mampu memotivasi
fakultas yang belum mencapai sasaran sehingga dosen-dosen
dapat mengikuti program pascasarjana dengan beasiswa terbatas.
Permasalahan pengembangan pascasarjana yaitu:
1. Pola penataan organisasi dan manajemen pascasarjana,
khususnya hubungan lintas sektoral dengan fakultas, jurusan
dan universitas belum jelas.
2. Lama studi S2 umumnya masih di atas 2 (dua} tahun
3. Belum ada studi khusus untuk mengantisipasi perubahan-
perubahan global yang dipacu oleh majunya teknologi industri
barang dan jasa.
339