Page 353 - Cakrawala Pendidikan
P. 353

Durri Andriani

        menghilangkan  esensi  evaluasi  untuk  menentukan  baik-tidaknya
        sesuatu.  Per definisi,  evaluasi  harus  menghasilkan penilaian  baik-
        buruk dari sesuatu yang dievaluasi.
        Arti  serta  peran  merit dan  worth  dalam  menentukan  nilai  dibahas
        oleh  Scriven  (1981).  Pada  saat tertentu,  merit dari  suatu  program
        perlu untuk dilihat. Misalnya, apakah program mempersiapkan guru
        sejarah berhasil menghasilkan guru yang  mempunyai rasa  percaya
        din  yang  tinggi  dan  dapat  mengajar  sejarah  secara  efektif  7  Jika
        ya,  artinya  program  pendidikan  guru  sejarah  memiliki  merit,
        meskipun belum tentu worthy.  Jika pada kenyataannya masyarakat
        tidak  memerlukan  guru  sejarah  karena  telah  tersedia  banyak guru
        seJarah  yang  berkualitas  tinggi,   maka  meskipun  program
        pendidikan  guru  sejarah  memiliki  merit  - dan  mungkin  saja  lebih
         baik dari program-program pendidikan yang  lain - tetapi akan tidak
         menguntungkan  untuk  meneruskan  program.  Meskipun  program
        yang  memilikt  ment  (baik)  mungkin  SaJa  tidak  bernila1,  program
        yang tidak baik tidak mungkin bernilai.  Dengan demikian,  meskipun
        masyarakat  memerlukan  guru  sejarah,  tetapi  Jika  program
        pendidikan  guru  sejarah  tidak  mampu  menghasilkan  guru  sejarah
        yang berkualitas tinggi,  maka program ini tidak perlu diteruskan.


        Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh dan Evaluasi
        lnstitusi   pendidikan   dituntut   untuk   memberikan   kualitas
        pembelajaran  yang  tinggi.  Untuk  mampu  memberikan  hal  ini,
        institusi pendidikan perlu memperhatikan lima aspek.  yaitu
        1.  Adanya harapan yang berbeda dari pelanggan yang berbeda,
        2.  Kekuatan atau keberhasilan program,
        3.  Tingkat kebutuhan (potensi nilai) dari program,
        4.  Kelayakan program, dan
        5.  Pemerataan day a jangkau program,
        Untuk institusi yang menerapkan  pendidikan terbuka dan jarak jauh
        (PT JJ) persyaratan ini ditambah lagi dengan:
        1.   Karakteristik peserta ajar, dan
        2.   Pemilihan teknologi yang digunakan.




        344
   348   349   350   351   352   353   354   355   356   357   358