Page 353 - Cakrawala Pendidikan
P. 353
Durri Andriani
menghilangkan esensi evaluasi untuk menentukan baik-tidaknya
sesuatu. Per definisi, evaluasi harus menghasilkan penilaian baik-
buruk dari sesuatu yang dievaluasi.
Arti serta peran merit dan worth dalam menentukan nilai dibahas
oleh Scriven (1981). Pada saat tertentu, merit dari suatu program
perlu untuk dilihat. Misalnya, apakah program mempersiapkan guru
sejarah berhasil menghasilkan guru yang mempunyai rasa percaya
din yang tinggi dan dapat mengajar sejarah secara efektif 7 Jika
ya, artinya program pendidikan guru sejarah memiliki merit,
meskipun belum tentu worthy. Jika pada kenyataannya masyarakat
tidak memerlukan guru sejarah karena telah tersedia banyak guru
seJarah yang berkualitas tinggi, maka meskipun program
pendidikan guru sejarah memiliki merit - dan mungkin saja lebih
baik dari program-program pendidikan yang lain - tetapi akan tidak
menguntungkan untuk meneruskan program. Meskipun program
yang memilikt ment (baik) mungkin SaJa tidak bernila1, program
yang tidak baik tidak mungkin bernilai. Dengan demikian, meskipun
masyarakat memerlukan guru sejarah, tetapi Jika program
pendidikan guru sejarah tidak mampu menghasilkan guru sejarah
yang berkualitas tinggi, maka program ini tidak perlu diteruskan.
Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh dan Evaluasi
lnstitusi pendidikan dituntut untuk memberikan kualitas
pembelajaran yang tinggi. Untuk mampu memberikan hal ini,
institusi pendidikan perlu memperhatikan lima aspek. yaitu
1. Adanya harapan yang berbeda dari pelanggan yang berbeda,
2. Kekuatan atau keberhasilan program,
3. Tingkat kebutuhan (potensi nilai) dari program,
4. Kelayakan program, dan
5. Pemerataan day a jangkau program,
Untuk institusi yang menerapkan pendidikan terbuka dan jarak jauh
(PT JJ) persyaratan ini ditambah lagi dengan:
1. Karakteristik peserta ajar, dan
2. Pemilihan teknologi yang digunakan.
344