Page 357 - Cakrawala Pendidikan
P. 357
Dum
untuk meningkatkan kinerja. Evaluasi CIPP tidak melihat evaluasi
semata-mata sebagai alat untuk melihat akuntabilitas, evaluasi
CIPP lebih difokuskan kepada penyempurnaan mekanisme untuk
membantu program agar mampu bekerja lebih baik bagi
pelanggan. Pada dasarnya evaluasi CIPP ditujukan untuk
menumbuhkan dan membantu semua yang terlibat, baik pimpinan
maupun staf, untuk mendapatkan dan memanfaatkan umpan balik
secara sistematis. Dengan demikian, sumber daya yang tersedia
dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan.
Evaluasi CIPP mempunyai enam karakteristik, sebagai berikut :
Evaluas1 adalah bagian integral dari program regular institusi,
bukan semata-mata kegiatan khusus yang dilakukan dalam
projek inovatif,
2. Evaluasi berperan penting dalam menstimulir dan
merencanakan perubahan,
3. Penerapan masing-masing jenis evaluasi pada model CIPP
hanya dilakukan jika informasi yang dibutuhkan belum
tersedia,
4 Setiap pengembangan program baru perlu ditindaklanjuti
dengan evaluasi,
5. lnformas1 evaluasi tidak hanya menyediakan pedoman bagi
pemecahan masalah, tetapi jika informasi dicatat dan dibuka
untuk publik, hasil evaluasi dapat dijadikan dasar bagi
masyarakat luas untuk melihat apakah keputusan untuk
membatalkan atau meneruskan projek mempunyai dasar
yang kuat, dan
6. Keputusan untuk memulai, menunda, atau membatalkan
program hampir selalu melibatkan macam-macam upaya -
baik rasional maupun irasional - yang berada jauh di luar
kekuasaan evaluator.
Bagan 1 berikut ini memperlihatkan peran evaluasi context. input,
process, dan product dalam proses pengambilan keputusan dan
akuntabilitas.
348