Page 357 - Cakrawala Pendidikan
P. 357

Dum


         untuk meningkatkan  kinerja.  Evaluasi  CIPP tidak  melihat evaluasi
         semata-mata  sebagai  alat  untuk  melihat  akuntabilitas,  evaluasi
         CIPP  lebih  difokuskan  kepada  penyempurnaan  mekanisme  untuk
         membantu  program  agar  mampu  bekerja  lebih  baik  bagi
         pelanggan.  Pada  dasarnya  evaluasi  CIPP  ditujukan  untuk
         menumbuhkan dan  membantu  semua  yang  terlibat,  baik  pimpinan
         maupun staf,  untuk mendapatkan dan  memanfaatkan umpan  balik
         secara  sistematis.  Dengan  demikian,  sumber daya  yang  tersedia
         dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan.
         Evaluasi CIPP mempunyai enam karakteristik, sebagai berikut :
              Evaluas1  adalah  bagian  integral dari  program  regular institusi,
              bukan  semata-mata  kegiatan  khusus  yang  dilakukan  dalam
              projek inovatif,
         2.   Evaluasi   berperan   penting   dalam   menstimulir   dan
              merencanakan perubahan,
         3.   Penerapan  masing-masing  jenis  evaluasi  pada  model  CIPP
              hanya  dilakukan  jika  informasi  yang  dibutuhkan  belum
              tersedia,
         4    Setiap  pengembangan  program  baru  perlu  ditindaklanjuti
              dengan evaluasi,
         5.   lnformas1  evaluasi  tidak  hanya  menyediakan  pedoman  bagi
              pemecahan  masalah,  tetapi  jika  informasi  dicatat dan  dibuka
              untuk  publik,  hasil  evaluasi  dapat  dijadikan  dasar  bagi
              masyarakat  luas  untuk  melihat  apakah  keputusan  untuk
              membatalkan  atau  meneruskan  projek  mempunyai  dasar
              yang kuat, dan
         6.   Keputusan  untuk  memulai,  menunda,  atau  membatalkan
              program  hampir  selalu  melibatkan  macam-macam  upaya  -
              baik  rasional  maupun  irasional  - yang  berada  jauh  di  luar
              kekuasaan evaluator.
         Bagan  1 berikut ini  memperlihatkan  peran  evaluasi  context.  input,
         process,  dan  product  dalam  proses  pengambilan  keputusan  dan
         akuntabilitas.







         348
   352   353   354   355   356   357   358   359   360   361   362