Page 352 - Cakrawala Pendidikan
P. 352

20.  MODEL EVALUASI "CONTEXT, INPUT,
               PROCESS, PRODUCT (CIPP)" UNTUK
               INSTITUSI PENYELENGGARA PENDIDIKAN
               TERBUKA DAN JARAK JAUH




         Durri Andriani




         Pendahuluan
         Evaluasi  merupakan  salah  satu  komponen  dasar yang  diperlukan
         dalam  institusi  penyedia jasa,  termasuk jasa pendidikan.  Dengan
         evaluasi,  manajemen  institusi  dapat  mengetahui  kekuatan  dan
         kelemahan  institusinya  dalam  kinerjanya  memenuhi  kebutuhan
         pelanggan.   Evaluasi  dapat  dilakukan  lembaga  independen
         (misalnya  lembaga  akreditasi)  dan  institusi  itu  sendiri.  Evaluasi
         yang  ditujukan  untuk melihat penerapan  peraturan  akan  lebih  baik
         dilaksanakan  oleh  lembaga  independen.  Evaluasi  untuk  menilai
         kinerja  sehingga  dapat  digunakan  untuk  menyempurnakan
         program,   idealnya   dilakukan   sendiri   oleh   institusi   yang
         bersangkutan

         Karena  perannya  yang  sentral  untuk  penyempurnaan  kinerja
         institusi,  evaluasi  merupakan  salah  sebuah  terminologi  yang
         banyak dibicarakan.  Akibatnya  banyak definisi  yang  diberlakukan
         untuk  evaluasi.   Masing-masing  definisi  mempunyai  segi-segi
         positif  (dan  negatif).  Dalam  makalah  ini,  definisi  yang  digunakan
         adalah  definisi  yang  diterapkan  oleh  the  Joint  Committee  on
         Standards for Educational  Evaluation:  evaluation  is  the  systematic
         assessment of the worth or merit of some objects.

         Dengan  definisi ini,  evaluasi membedakan antara  worth dan  merit.
         Meskipun   evaluasi   memerlukan    prosedur   objektif   agar
         menghasilkan  informasi  yang  dipercaya  dan  tidak  bias,  evaluasi
         sendin  tidaklah  bebas  nilai.  Prosedur  objektif  tidak  bisa



                                                                  343
   347   348   349   350   351   352   353   354   355   356   357