Page 352 - Cakrawala Pendidikan
P. 352
20. MODEL EVALUASI "CONTEXT, INPUT,
PROCESS, PRODUCT (CIPP)" UNTUK
INSTITUSI PENYELENGGARA PENDIDIKAN
TERBUKA DAN JARAK JAUH
Durri Andriani
Pendahuluan
Evaluasi merupakan salah satu komponen dasar yang diperlukan
dalam institusi penyedia jasa, termasuk jasa pendidikan. Dengan
evaluasi, manajemen institusi dapat mengetahui kekuatan dan
kelemahan institusinya dalam kinerjanya memenuhi kebutuhan
pelanggan. Evaluasi dapat dilakukan lembaga independen
(misalnya lembaga akreditasi) dan institusi itu sendiri. Evaluasi
yang ditujukan untuk melihat penerapan peraturan akan lebih baik
dilaksanakan oleh lembaga independen. Evaluasi untuk menilai
kinerja sehingga dapat digunakan untuk menyempurnakan
program, idealnya dilakukan sendiri oleh institusi yang
bersangkutan
Karena perannya yang sentral untuk penyempurnaan kinerja
institusi, evaluasi merupakan salah sebuah terminologi yang
banyak dibicarakan. Akibatnya banyak definisi yang diberlakukan
untuk evaluasi. Masing-masing definisi mempunyai segi-segi
positif (dan negatif). Dalam makalah ini, definisi yang digunakan
adalah definisi yang diterapkan oleh the Joint Committee on
Standards for Educational Evaluation: evaluation is the systematic
assessment of the worth or merit of some objects.
Dengan definisi ini, evaluasi membedakan antara worth dan merit.
Meskipun evaluasi memerlukan prosedur objektif agar
menghasilkan informasi yang dipercaya dan tidak bias, evaluasi
sendin tidaklah bebas nilai. Prosedur objektif tidak bisa
343