Page 354 - Cakrawala Pendidikan
P. 354
Model Evaluasi
Jika PT JJ mensyaratkan tujuh aspek ini dalam PT JJ,
bagaimanakah bentuk evaluasi yang paling sesuai untuk
dilakukan? Komparatif atau non-komparatif? Secara umum
beberapa ahl1 (misalnya Stake, Scriven, Cronbach) menyatakan
bahwa evaluasi dapat difokuskan pada satu produkljasa atau
membandingkan satu dengan alternatif yang lain. Berdasarkan
situasi, evaluasi dapat bersifat komparatif dan non-komparatif.
Yang perlu diperhatikan adalah siapa pelanggan yang
memanfaatkan jasa pelayanan institusi. Jika pelanggan adalah
mereka yang perlu memilih jasa/produk yang ditawarkan, maka
evaluasinya haruslah komparatif - karena dapat membantu
pelanggan mempelajari alternatif yang ada serta membandingkan
kriteria yang penting. Tetapi jika pelanggan adalah mereka yang
sudah terdaftar pada suatu program tertentu, maka evaluasi
sebaiknya difokuskan kepada pelaksanaan program yang dapat
memberikan arah pada penyempurnaan program.
Stufflebeam & Shinkfield (1988) menyatakan bahwa evaluasi harus
komparatif sebelum pengembangan dimulai atau sebelum
pelanggan terikat pada satu program tertentu, nonkomparatif
diperlukan pada saat pengembangan, dan periodik-komparatif
diperlukan setelah pengembangan selesai dilakukan.
D1 samping pentahapan itu, perlu tidaknya evaluasi komparatif
dilakukan tergantung kepada tujuan evaluasi, apakah evaluasi
bertujuan untuk perbaikan, akuntabilitas, atau pengayaan. Evaluasi
yang bertujuan untuk perbaikan meliputi penyediaan informasi
untuk menjamin kualitas pelayanan. Untuk itu, perhatian harus
ditujukan kepada karakteristik dan kebutuhan pelanggan serta
kaitan proses dengan keluaran. Rencana evaluasi harus fleksibel
dan responsif terhadap perubahan. Jika perbaikan adalah tujuan
utama evaluasi, maka evaluasi lebih baik dilakukan dalam bentuk
studi kasus daripada eksperimen komparatif.
Evaluasi yang bertujuan untuk menghasilkan akuntabilitas atau
laporan sumatif membutuhkan informasi tentang efektifitas biaya
dan perbandingan kinerJa institus1 dengan kmerJa pesamg.
lnformasi yang didapat dari gabungan studi kasus mendalam serta
studi lapangan komparatif dibutuhkan untuk situasi ini.
345