Page 350 - Cakrawala Pendidikan
P. 350

Evaluasi

       akademik belum terlaksana sepenuhnya karena makna otonomi  itu
       sendiri  belum  jelas.  Upaya  pemecahan  masalah  yaitu  dengan
       menyusun  kembali  statuta  di  masing-masing  universitas  dan
       perlunya  sosialisasi  perundang-undangan  dan  peraturan  yang
       berkaitan dengan otonomi dan kebebasan akademik.
       Permasalahan  kemahasiswaan  yang  menyangkut  pemantapan
       kegiatan  kurikuler  (penalaran  dan  keilmuan,  kesejahteraan,
       penyaluran  minat  dan  hobi)  belum  terprogram  secara  baik  dan
       belum  mencakup  seluruh  mahasiswa.  Dalam  pelaksanaannya
       lembaga  kemahasiswaan  belum  dapat  menyesuaikan  diri  dengan
       kebijakan  dan  program  kerja  di  bidang  kemahasiswaan.  Untuk
       kegiatan khusus, terutama dalam hal penyediaan dana, sarana dan
       prasarana  dana  sangat  terbatas,  contohnya,  belum  dibangunnya
       kantor-kantor  untuk  mahasiswa  (Resimen  mahasiswa)  dan
       Bimbingan  Konseling.  Usaha  pemecahan  masalah  dengan  jalan
       kegiatan  mahasiswa  dilakukan  secara  terpadu,  menambah  dana
       kemahasiswaan  secara  proporsional,  dan  di  bidang  sarana  perlu
       peningkatan dan penambahan sarana kegiatan mahasiswa.
       Permasalahan  dalam  pengembangan  iptek  meliputi  peningkatan
       jumlah  dan  mutu  penelitian,  penyebarluasan  penelitian,  dan
       peningkatan  jumlah  dan  mutu  peneliti  ternyata  masih  ada
       keterlambatan  informasi  penelitian,  keterbatasan  kemampuan
       dosen  untuk  mengantisipasi  tawaran  penelitian,  penyebarluasan
       hasil  penelitian  masih  terbatas,  dan  kekurangmampuan  dalam
       bahasa.  menyebabkan  rendahnya  peminat  studi  ke  luar  negeri.
       Usaha  pemecahan dengan jalan dosen/peneliti harus aktif mencari
       informasi  penawaran   penelitian,   penambahan  dana  untuk
       penyebarluasan  penelitian  dan  mengirimkan  dosen-dosen  untuk
       penataran bahasa dan menyelenggaraan kursus TOEFL.

       Kesimpulan
       Dari uraian tersebut dapat disimpulkan:
       1.   Evaluasi   pendidikan,   khususnya   pendidikan   tinggi   di
           Indonesia mutlak diperlukan.
       2.   Evaluasi  tersebut  meliputi  beberapa  hal,  yaitu  perluasan  dan
           pemerataan  kesempatan  belajar,  relevansi,  peningkatan  mutu




                                                                341
   345   346   347   348   349   350   351   352   353   354   355